Diterbitkan 5 Jan 2024

Ganti Tahun, Ganti Suasana Rumah dengan 5 Tanaman Hias Buah Rekomendasi Gokomodo, Yuk!

Agri Edu
Tanaman hias buah

Rumah menjadi salah satu tempat yang tepat untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga, tempat bersantai, dan aktivitas lainnya. Tentu saja agar suasana rumah menjadi nyaman dan tidak membosankan, dibutuhkan hiasan-hiasan menarik yang menyejukkan mata dan pikiran. Hiasan rumah ada banyak, mulai dari wallpaper, foto, patung, bahkan tanaman hias. Agar suasana rumah hidup, sebaiknya gunakan beberapa tanaman hias buah rekomendasi Gokomodo berikut ini.

Pohon Zaitun

Meskipun ukurannya yang besar, pohon zaitun bisa juga dijadikan tanaman hias buah yang dapat mempercantik ruangan maupun halaman rumah. Pohon zaitun berasal dari Mediterania Timur, sehingga memiliki batang dan daun kecil, serta nampak kering. Karena berukuran kecil untuk sebuah pohon, pohon zaitun dapat ditanam di dalam pot berukuran kecil. Selain mendapatkan keindahannya, buah zaitun yang tumbuh bisa dikonsumsi, lho. Salah satu manfaat buah zaitun yaitu membantu menjaga kelembapan kulit serta mengencangkannya. Jika kamu penggemar desain ruangan tropis, meletakkan pohon zaitun di rumah bisa menjadi alternatif.

Pohon Apel Mini

Sumber: Gardener”s Path

Siapa sangka pohon apel ada versi mininya? Kabar baiknya, pohon apel ukuran mini bisa menjadi salah satu alternatif tanaman hias yang cocok untuk ruangan maupun halaman rumah. Pohon apel mini ditanam dengan menggunakan pohon apel yang sudah dicangkok kemudian diletakkan di dalam pot ukuran sedang. Buah apel yang tumbuh akan menambah kontras membuat ruangan jauh lebih berwarna. Selain itu, pohon apel mini dapat diubah bentuknya menjadi lebih indah dengan teknik bonsai.

Tomat Ceri

Tanaman hias buah
Sumber: Minneopa Orchards

Familiar dengan tanaman tomat ceri? Eits, ini bukan persilangan tomat dan buah ceri, ya. Buah tomat ceri dinamakan demikian karena ukuran buahnya yang sangat kecil menyerupai ceri. Tomat ceri tumbuh merambat dengan daunnya, sehingga cocok dijadikan tanaman hias di rumah. Buahnya juga dapat dimakan untuk menambah kekebalan tubuh. Jika tertarik budidaya tomat ceri, akan lebih indah lagi apabila tanaman digantung untuk memaksimalkan pertumbuhan akar rambatnya serta menambah nilai estetika tanaman.

Blueberry

Sumber: Better Homes & Gardens

Buah satu ini memang jarang ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia. Kabar baiknya, blueberry dapat ditanam di rumah sebagai tanaman hias sekaligus dapat dikonsumsi oleh pemilik rumah. Warna biru dari buah blueberry membuat ruangan lebih berwarna. Perawatannya pun cukup mudah. Pastikan tanaman blueberry mendapatkan cahaya matahari yang cukup, berada pada suhu ruang yang lembab, disiram sekali dalam satu minggu, serta pemberian pupuk secara teratur.

Anggur

Sumber: The Spruce

Anggur menjadi salah satu tanaman hias buah yang banyak dibudidayakan di rumah. Tahukah kamu kalau anggur memiliki banyak sekali varian warna? Anggur termasuk buah yang memiliki aneka ragam warna tergantung jenisnya, seperti warna ungu muda, ungu tua, hitam, hingga hijau. Ragam warna ini tentunya mempercantik rumah, kan? Selain itu, buah anggur dapat dikonsumsi secara langsung atau kamu bisa menjualnya dengan harga murah. Cuan, kan?

Ternyata beragam juga ya buah yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias? Sebenarnya perawatan tanaman hias rumah tidak sesulit tanaman yang dibudidayakan pada lahan serta biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk dan pestisida bisa ditekan dengan menggunakan bahan organik. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk konsisten merawat, karena meskipun tanaman hias termasuk tanaman yang minim perawatan tetap saja bisa layu sewaktu-waktu.

Jika dirasa terlalu rumit memelihara tanaman buah, kamu juga bisa menjadikan bonsai dan tanaman sukulen sebagai tanaman hias – Tips dan Trik Merawat Tanaman Bonsai dan Sukulen untuk Pemula. Butuh alternatif tanaman hias lainnya? Temukan rekomendasinya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin