Diterbitkan 30 Oct 2023

Gokomodo Sebagai Start-Up Agritech di Indonesia

News
Gokomodo startup agritech

Ketersediaan pangan menjadi suatu kewajiban negara yang harus dipenuhi. Petani, sebagai pelaku ketersediaan pangan, juga harus mempertahankan produktivitas lahan tanaman pangan agar tetap menghasilkan panen yang berlimpah. Produktivitas akan terjaga apabila petani memilki piranti untuk merawat dan memberikan nutrisi pada tanaman. 

Sekarang ini, produktivitas laha pertanian terganggu karena sulitnya akses untuk bahan pertanian, seperti pupuk dan pestisida. Dua hal tersebut penting untuk merawat dan menutrisi tanaman sehingga menghasilkan hasil panen yang berlimpah. Mengetahui kendala pemenuhan kebutuhan ini, Gokomodo lantas meluncurkan sebuah wadah untuk para petani dan pelaku di sektor agrikultur lainnya yang disebut sebagai GokoHub

GokoHub: Berikan Kemudahan Akses Kebutuhan Pertanian

Meskipun Gokomodo merupakan tergolong perusahaan rintisan, namun patut diapresiasi untuk fokusnya dala membantu para petani, Gokomodo juga ikut serta dalam acara berbasis pertanian di dalam maupun luar negeri, seperti Konsisten Penuhi Kebutuhan Perkebunan Kelapa Sawit, Gokomodo Hadiri Palmex 2023. Baru-baru ini, Gokomodo telah sukses menyelenggarakan peresmian Gokohub di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat

GokoHub merupakan sentra toko tani modern yang dikelola oleh Gokomodo sebagai start-up agritech nasional. Pendirian GokoHub bertujuan untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan pertanian. GokoHub diluncurkan pada 10 Oktober 2023 tepatnya di Desa Pusat Damai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Prosesi peluncuran GokoHub ini ditandai seremonial berupa potong pita dan diikuti oleh bermacam acara hiburan serta sharing knowledge tentang pembibitan melalui nursery edu.

Sebelum diresmikan, GokoHub di Kabupaten Sanggau sudah mulai dibangun pada Mei 2023. Tentunya pembangunan ini disambut dengan sukacita oleh beberapa toko tani dan koperasi setempat. Gokomodo telah terkenal di Kabupaten Sanggau sebagai distributor alat dan bahan pertanian seperti pestisida dan pupuk. Tentunya Gokomodo menawarkan harga yang bersaing yaitu mulai dari Rp 25.000 saja. Tidak hanya menyediakan kebutuhan pertanian, pengunjung GokoHub juga dimanjakan dengan cafetaria yang menyuguhkan aneka makanan dan minuman yang enak disantap.

Apa yang perlu kamu ketahui tentang Gokomodo?

Gokomodo merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan start-up pada bidang agritech di Indonesia yang sudah ada pada tahun 2019. Satu tahun kemudian Gokomodo bekerjasama dengan korporasi terkemuka di Pulau Jawa. Setelah mendapatkan respon yang baik, Gokomodo melakukan ekspansi bisnis ke wilayah Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan pada tahun 2022. Di tahun 2022 pula, Gokomodo memperoleh pendanaan seri A oleh East Venture Capital senilai USD 26 juta atau 387 miliar rupiah. Dana tersebut turut membantu ekspansi bisnis yang berlanjut hingga sekarang.

Dalam menjalankan bisnisnya, Gokomodo menggunakan teknologi informasi sebagai alat penggerak utama sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, misalnya rantai pasok pertanian yang masih terbilang cukup sulit. Permasalahan rantai pasok menjadi visi Gokomodo yaitu “Memberdayakan sektor agrikultur dan ekonomi daerah dengan menjadi perusahaan rantai pasok terdepan di Indonesia”. Lantas, apa saja langkah Gokomodo untuk memajukan pertanian di Indonesia?

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, Gokomodo andil untuk memberikan solusi atas kendala yang dialami oleh perusahaan maupun petani dan Mitra Gokomodo.

Langkah untuk petani dan Mitra Gokomodo

Gokomodo membantu menyediakan bahan dan alat pertanian yang sulit didapatkan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Gokomodo mempermudah para petani dan mitra dengan cara menggunakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pertanian, mempermudah logistik pengiriman alat dan barang pertanian, serta harga yang terjangkau. Untuk kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi, karena Gokomodo hanya menyediakan produk perkebunan yang asli. Tertarik menjadi Mitra Gokomodo? Segera hubungi Customer Service Gokomodo, ya!

Langkah untuk perusahaan

Gokomodo juga menyediakan kebutuhan untuk perusahaan yang berkecimpung dalam sektor pertanian. Untuk perusahaan, Gokomodo melayani pembelian dalam skala besar untuk semua produk pertanian. Selain itu, perusahaan juga dipermudah dengan adanya beberapa fitur, seperti:

  • Gokobiz yang menjadi platform jual-beli berbagai produk agri-input, alat berat, perlengkapan kantor, dan kebutuhan perusahaan lainnya. Tentunya semua produk yang disediakan merupakan produk yang terkenal akan kualitas yang terbaik di kelasnya.
  • E-Procurement merupakan platform untuk mempermudah sebuah perusahaan untuk melakukan pengadaan kebutuhan kantor. Gokomodo menawarkan proses pengadaan yang transparan dan terdigitalisasi. Tidak hanya pengadaan secara harfiah, dengan fitur ini perusahaan juga dapat mengadakan tender digital dan melakukan perbandingan harga antar vendor.

Gokomodo telah berjuang keras untuk mewujudkan pertanian Indonesia lebih maju dengan memudahkan rantai pasok bahan dan alat pertanian. Langkah yang dilakukan Gokomodo telah menjangkau 80% pulau di Indonesia dengan jumlah mitra mencapai lebih dari 1.000, lebih dari 40 produk pertanian tersedia, dengan tingkat pemesanan kembali sebanyak 100%. Yuk, ikuti aktivitas Gokomodo lebih lengkap melalui artikel di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin