Diterbitkan 23 May 2024

Halaman Rumah Menjadi Produktif dengan Tanaman Sayuran Paling Populer

Agri Edu
Tanaman Sayuran

Menanam sayuran tidak hanya bisa dilakukan di ladang atau kebun yang luas. Kamu juga bisa mulai menanamnya di halaman rumah, baik secara langsung ataupun menggunakan pot dan polybag. Perawatannya yang mudah juga membuat menanam sayuran di halaman rumah sangat diminati, terutama bagi para wanita – Hal yang Perlu Kamu Tahu Saat Membuat Vertikal Garden di Rumah

Sebelum memulai, pastikan kamu tidak kebingungan memilih jenis sayuran apa yang akan ditanam. Sebab, Gokomodo memiliki beberapa rekomendasi jenis tanaman sayuran yang cocok ditanam di halaman rumah, yang tentunya memiliki perawatan yang mudah dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasan selengkapnya tentang tanaman sayuran di bawah ini.

Sumber: iStock

Cabai

Cabai merupakan salah satu sayuran yang wajib dimiliki oleh setiap rumah untuk menjadi bumbu penyedap masakan setiap hari. Tanaman ini tidak hanya bisa ditanam dengan mudah, melainkan juga memiliki waktu panen yang relatif cepat.

Tanaman ini akan tumbuh dengan subur saat cuaca panas. Kamu bisa menanamnya di halaman rumah, baik langsung di tanah maupun menggunakan pot dan polybag agar lebih mudah apabila ingin dipindahkan.

Bayam

Berikutnya ada bayam, sayuran hijau kaya zat besi yang banyak diolah menjadi sayur bening ataupun dijadikan pelengkap pecel. Sayuran ini termasuk mudah ditanam di halaman rumah, tentunya juga memiliki perawatan yang praktis.

Kamu bisa menyemai benih dengan media tanam berupa pot, polybag, maupun air. Jangan lupa, siram secara teratur agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Setelah kurang lebih satu bulan, tanaman bayam bisa mulai dipanen dan dikonsumsi.

Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan sayuran yang banyak digunakan untuk pelengkap mie ayam. Sayuran ini kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, serta nutrisi lainnya sehingga sangat cocok dijadikan makanan sehat sehari-hari.

Tak hanya bisa ditanam di tanah, kamu juga bisa menanam sayuran ini menggunakan metode hidroponik. Agar tumbuh dengan subur, pastikan kondisi lingkungan sekitar sesuai. Jika kondisi lingkungan dingin, tanaman harus terkena sinar matahari secara langsung. Sebaliknya jika kondisi panas, letakkan sayuran di tempat yang teduh.

Kangkung

Siapa yang tak kenal kangkung? Sayuran hijau ini merupakan favorit sebagian masyarakat Indonesia dan banyak disajikan sebagai lauk makan di rumah. Jika kamu menyukainya, alangkah lebih baik jika kamu menanamnya sendiri di rumah.

Perawatan sayuran ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Sayuran ini juga bisa ditanam di halaman, baik menggunakan polybag maupun pot berbagai ukuran. Menariknya lagi, sayuran ini juga dapat tumbuh di air, lho.

Nah, itu dia empat rekomendasi sayuran yang bisa kamu tanam di halaman rumah. Pilihlah bibit berkualitas dan penjual yang terpercaya agar sayuranmu dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen melimpah. Dapatkan berbagai produk pupuk dan pestisida dengan harga bersaing di GokoMart terdekat! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin