Diterbitkan 26 Sep 2024

Hasil Cengkeh Indonesia Tak Luput dari Daerah Penghasil Cengkeh Berikut Ini

Agri Edu
Daerah Penghasil Cengkeh

Cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan tanaman yang memang asli Indonesia dan banyak digunakan untuk industri rokok, bahan masakan, dan bahan herbal untuk menunjang kesehatan. Lebih tepatnya, cengkeh berasal dari Provinsi Maluku Utara yang tersebar di Ternate, Moti, Tidore, Makian, dan Bacan. Persebaran perkebunan cengkeh dari Sabang sampai Merauke inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang menghasilkan cengkeh terbanyak di dunia, lho.

Sumber: Diet and Raw

Dari seluruh bagian tanaman cengkeh, yang paling sering dimanfaatkan yaitu bagian pucuk bunga keringnya. Kuncup bunga cengkeh memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Tidak heran saat masa kolonialisme Bangsa Eropa, cengkeh sangat banyak diperebutkan untuk dijadikan komoditas perdagangan. Tak heran jika harga 1 kg cengkeh saat itu dihargai dengan 7 gram emas, Auto kaya raya dong, ya?

Produksi Cengkeh di Indonesia

Tahukah kamu Indonesia menjadi negara penghasil cengkeh terbesar di dunia? Hasil produksi cengkehnya saja per tahun mencapai  lebih dari 120.000 ton. Menurut Food Agriculturan Organization (FAO) produksi cengkeh di Indonesia menyentuh angka 133.604 ton pada tahun 2020. Produksi cengkeh di Indonesia mengalami fluktuasi, namun kebanyakan jumlah produksi menunjukkan peningkatan. Jumlah produksi cengkeh sudah memenuhi kebutuhan cengkeh nasional, lho. Sebanyak 90% dari produksi cengkeh digunakan untuk kebutuhan industri rokok. Dengan jumlah produksi cengkeh, apakah Indonesia menajdi produsen cengkeh dunia?

Negara Penghasil Cengkeh Terbesar di Dunia

Dengan hasil produksi cengkeh ratusan ribu ton, tentu saja hal ini mendorong Indonesia menjadi produsen cengkeh terbesar di dunia. Nih, Gokomodo rangkum negara-negara penghasil cengkeh terbesar di dunia.

Negara Penghasil Cengkeh Terbesar Dunia Tahun 2021

  • Indonesia menghasilkan 137,641,8 ton cengkeh.
  • Madagaskar menghasilkan 24.345,9 ton cengkeh.
  • Tanzania menghasilkan 8,851,54 ton cengkeh.
  • Komoro menghasilkan 7.071,8 ton cengkeh.
  • Sri Lanka menghasilkan 5.760,1 ton cengkeh.
  • Kenya menghasilkan 2.042,11 ton cengkeh.
  • Cina menghasilkan 1.302,31 ton cengkeh.
  • Malaysia menghasilkan 218,6 ton cengkeh. 

Pada tahun yang sama, produksi cengkeh secara gloal mencapai 188.289,58 ton. Dari jumlah tersebut, 73,01% diperoleh dari Indonesia sebagai produsen cengkeh terbanyak di dunia. 

Daerah Penghasil Cengkeh di Indonesia

Indonesia menduduki peringkat satu sebagai produsen cengkeh terbesar di dunia, tentu tidak terlepas dari peran daerah penghasil cengkeh yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 2021, jumlah perkebunan cengkeh nasional mencapai 574,76 hektar dengan produktivitas rata-rata 400 kg/hektar. Berikut daerah penghasil cengkeh tersebar di Indonesia.

Daerah Penghasil Cengkeh di Indonesia

  1. Maluku

Tidak heran lagi, sebagai tanah kelahiran cengkeh di Indonesia, sudah pasti Provinsi Maluku menempati urutan pertama sebagai daerah penghasil cengkeh di Indonesia. Lebih spesifiknya, cengkeh didapatkan dari perkebunan cengkeh yang berlokasi di Tidore, Ternate, Moti, Makian, dan Bacan. Tidore –sebagai penghasil cengkeh utama di Provinsi Maluku bagian utara– menghasilkan cengkeh yang digunakan sebagai komoditas ekspor Indonesia. Rata-rata produksi cengkeh di Provinsi Maluku mencapai 20.454 setiap tahunnya. 

  1. Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan memang tidak jauh dari Provinsi Maluku. Provinsi Sulawesi Selatan menduduki peringkat kedua sebagai wilayah yang menghasilkan cengkeh terbanyak di Indonesia. Perkebunan cengkeh di Provinsi Sulawesi Selatan tersebar di Kabupaten Luwu, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Wajo, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bone, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Jeneponto. Rerata produksi cengkeh dari Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 20.144 ton setiap tahun.

  1. Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah juga memproduksi cengkeh terbanyak ke dua di Pulau Sulawesi. Luas perkebunan cengkeh di Provinsi Sulawesi Tengah mencapai 76.825 hektar. Cengkeh yang berasal dari Sulawesi Tengah diproduksi oleh perkebunan di Kabupaten Toli-Toli dan Kabupaten Donggala. Kabupaten Toli-Toli dijuluki sebagai Kota Cengkeh karena menghasilkan cengkeh terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah. Rata-rata produksi cengkeh di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 18.187 ton setiap tahunnya. 

  1. Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara menduduki peringkat ketiga sebagai wilayah penghasil cengkeh terbanyak di Pulau Sulawesi. Perkebunan cengkeh di Provinsi Sulawesi Tenggara tersebar di Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Muna, dan Kabupaten Buton. Dari keseluruhan perkebunan cengkeh di Provinsi Sulawesi Tenggara menghasilkan sekitar 13.809 ton per tahunnya.

  1. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu penghasil cengkeh yang ada di Pulau Jawa. Perkebunan cengkeh di Jawa Barat terletak di Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut. Perkebunan cengkeh di Provinsi Jawa Barat menghasilkan rata-rata 8.810 per tahun. 

Ternyata banyak juga ya perkebunan cengkeh yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia? Dari hasil perkebunan cengkeh, tentu bisa menyumbang pendapatan negara juga, lho. Kalau kamu ingin mendalami tentang cengkeh, kamu bisa baca artikel Seberapa Banyak Kamu Tahu Tentang Tanaman Cengkeh? Yuk, Pelajari Lebih Dalam! dan artikel lainnya yang ada di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin