Diterbitkan 1 Aug 2023

Hasil Pertanian Jawa Timur Turut Menyumbang Pangan Nasional

Agri Edu
Pertanian jawa timur

Setiap provinsi di Indonesia turut menyumbang hasil pertanian nasional, entah dalam jumlah besar maupun tidak. Sebagai penopang kehidupan, sektor pertanian mampu memenuhi pangan bahkan pendongkrak ekspor ke luar negeri. Kali ini Gokomodo akan mengulas potensi pertanian di Jawa Timur.

Potensi Pertanian Jawa Timur

Jawa Timur termasuk salah satu provinsi yang memiliki potensi pertanian sangat besar. Dapat dilihat banyak lahan yang dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Hasil sektor di Jawa Timur bisa dibilang cukup beragam hingga mampu menembus nilai ekspor saat pandemi COVID-19, melanda. Komoditas yang banyak dihasilkan di Jawa Timur meliputi:

a. Padi

Banyaknya lahan sawah menghampar di setiap kabupaten di Jawa Timur membuahkan hasil yang sepadan. Baru-baru ini panen padi di Kabupaten Lamongan mencapai 7,3 ton per hektar sawah. 

b. Tebu

Jawa Timur terkenal dengan banyak pabrik gula dan perkebunan tebu. Tidak heran pada tahun 2022, Jawa Timur dinobatkan sebagai provinsi yang menghasilkan gula dan tebu terbanyak di Indonesia. Jawa Timur menghasilkan tebu sebanyak 17.362.260 ton selama tahun 2022. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 47,63% dari produksi tebu nasional.

c. Kedelai

Jumlah produksi kedelai nasional tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan pasar, sehingga pemerintah melakukan impor kedelai. Meskipun demikian, Jawa Timur menjadi provinsi yang menghasilkan kedelai sebanyak 39% dari hasil kedelai nasional. Setidaknya ada 7 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai lumbung kedelai, antara lain Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sampang, Kabupaten Nganjuk, dan lain-lain.

d. Cengkeh

Jawa Timur merupakan produsen cengkeh terbesar di Pulau Jawa. Lahan perkebunan cengkeh di Jawa Timur sebesar 43.255 hektar dan menghasilkan cengkeh sebanyak 10.944 ton.

e. Kopi

Kopi Indonesia memang terkenal di mancanegara. Siapa sangka, Jawa Timur menjadi penghasil kopi ke-enam se-Indonesia dan paling banyak di Pulau Jawa. Kabupaten yang menghasilkan kopi terbanyak di Jawa Timur antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Banyuwangi, dan lain-lain. Perlu kamu tahu, kopi juga termasuk dalam Komoditas Unggulan Perkebunan di Indonesia.

Selain itu, Jawa Timur menghasilkan sarang walet hingga di ekspor ke luar negeri. Hasil pertanian ini tentu memiliki dampak positif terhadap masyarakat, perekonomian, serta ketahanan pangan. Dapatkan informasi terkini seputar pertanian dan perkebunan Indonesia yang up to date melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin