Diterbitkan 29 May 2023

Implementasi 3 Program Kementan untuk Tanaman Karet

News
tanaman karet

Bukan hanya kelapa sawit, kopi, dan teh saja, karet juga menjadi salah satu komoditas unggulan pada subsektor perkebunan. Oleh karenanya, pengembangan karet melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 telah mencapai 6.900 hektar (ha).

Luas pengembangan karet tersebut dibagi menjadi tiga kegiatan penting dalam perkebunan karet. Yakni kegiatan peremajaan karet seluas 700 ha, perluasan kebun seluas 100 ha, dan intensifikasi karet seluas 6.100 ha. Dengan begitu, industri karet nasional akan siap berkembang lebih besar lagi. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga terus mendorong dan menstabilkan harga karet dunia dengan mengajak Thailand dan Malaysia untuk mulai menjalankan skema alokasi ekspor.

Perhatian Kementan terhadap upaya pengembangan dan peningkatan produksi karet nasional juga dilakukan dengan tiga program unggulan. Langkah ini, menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Andi Nur Alamsyah, perlu dilakukan untuk mempertahankan karet sebagai komoditas unggulan.

Tiga program unggulan kementan untuk tanaman karet:

Pertama, Kementan melalui Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) akan mengendalikan penyakit gugur daun secara merata di seluruh Indonesia. Sementara itu, program kedua dijalankan Kementan dengan cara mengimplementasikan penggunaan karet alam sebagai konsumsi dalam negeri. Cara ini dilakukan Kementan sebagai wacana untuk menguatkan komoditas karet agar dapat menjaga stabilitas harga karet dunia.

Untuk program ketiga, Kementan akan meningkatkan produksi karet melalui replanting atau penanaman bibit baru pada tanaman karet yang sudah tua. Harapannya, para petani dan pelaku industri karet dapat menyerap layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disiapkan oleh pemerintah secara terbuka. Meskipun anggaran yang ada belum bisa memenuhi skala optimal untuk kebun rakyat yang akan di-replanting, namun Kementan tetap akan mencarikan sumber  pendanaan lain, misalnya dari KUR.

Itulah sekilas informasi mengenai tiga program yang akan dijalankan oleh Kementan pada perkebunan karet. Gokomodo juga berharap agar para petani mau memperhatikan program kementan untuk optimalisasi kebun mereka. Fakta Menarik Pohon Karet yang Perlu Kamu Tahu dan berbagai artikel menarik lainnya juga bisa kamu baca melalui website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.