Diterbitkan 12 Sep 2024

Ingin Knapsack Sprayer Milikmu Lebih Awet? Ikuti Cara Penggunaan dan Perawatan Berikut ini!

Agri Edu
knapsack sprayer

Bagi para petani, keberadaan knapsack sprayer sangat penting karena membantu mereka untuk mengaplikasikan aneka bahan cair pada tanaman di area pertanian yang luas. Mulai dari pestisida, pupuk cair, cairan hormon, maupun bahan lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman.

Bekerja menggunakan sprayer tidak hanya dapat meringankan beban petani tetapi juga memastikan setiap bahan tersebar secara merata. Namun memilih knapsack sprayer terbaik tidaklah cukup, pastikan kamu bisa menggunakannya sekaligus merawatnya dengan mengikuti panduan berikut.

Cara Penggunaan

Knapsack Sprayer Manual

  1. Pasang bagian penyemprot dengan benar dan pastikan tidak ada kebocoran udara. Sebelum menggunakan bahan kimia, pasang air bersih terlebih dahulu untuk menguji semprotan.
  2. Isi tangki dengan bahan cair yang akan digunakan dan patuhi batas aman penggunaan bahan tersebut.
  3. Pasang penyemprot di belakang punggung dan pegang barang tekanan di tangan kiri.
  4. Untuk mengeluarkan cairan yang akan disemprot, arahkan penyemprot pada objek tanaman dan tekan pompa tuas dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah dengan tekanan tertentu.

Knapsack Sprayer Elektrik 

  1. Sebagaimana aneka alat elektronik lainnya, jika kamu membeli yang baru, isi daya terlebih dahulu setidaknya selama 8 jam. Untuk lebih memastikan keamanan, silakan lihat detail petunjuk penggunaan pada kemasan produk mengenai berapa lama waktu pengisian daya baterai.
  2. Sebelum menyalakan knapsack sprayer, katup pegangan (handle valve) harus tertutup dan bukalah setelah menyalakan saklar. Begitu pula jika sudah selesai menggunakan sprayer, matikan saklar dan pastikan tekanan pada selang sudah dilepas agar katup dapat ditutup kembali.
  3. Beberapa sprayer dilengkapi oleh alarm sebagai peringatan jika daya baterai akan segera habis. Jika kamu mendengar bunyi alarm tersebut, penggunaan sprayer perlu dihentikan. Tapi untuk beberapa jenis sprayer yang memiliki fungsi ganda (manual-elektrik) maka tetap dapat digunakan.
sumber: istock

Cara Merawat Knapsack Sprayer

Sebagus apapun kualitas produk, apalagi produk elektronik jika tidak dirawat dengan baik maka fungsinya dapat berkurang atau bahkan rusak. Oleh karena itu, ikuti petunjuk perawatan berikut agar knapsack sprayer milikmu tetap awet.

  1. Rajin membersihkan saringan dan tangki secara teratur, terutama setelah penggunaan. Proses pembersihan cukup sederhana karena dapat menggunakan air deterjen atau sejenisnya. Pastikan proses pembersihan dilakukan dengan benar agar tidak ada sisa deterjen yang tercampur pada saat penggunaan berikutnya.
  2. Selalu periksa daya baterai dan jangan sampai kehabisan agar tidak mengganggu kinerja alat. Disarankan untuk segera mengisi ulang daya baterai setelah penggunaan sprayer.
  3. Setelah penggunaan, simpan knapsack sprayer di tempat yang bersih dan kering. Hindarkan dari cahaya matahari secara langsung agar tidak panas.

Cara penggunaan dan perawatan di atas tentunya bisa menambah keawetan produk knapsack sprayer yang kamu miliki. Selain itu, cara penggunaan yang tepat dan diimbangi dengan perawatan berkala juga akan membuat pemakaian alat ini semakin efektif di lapangan.

Sebelum membeli knapsack sprayer, alangkah baiknya jika kamu telah mengetahui jenis-jenisnya – Jangan Salah Pilih!, Ini Dia Jenis-jenis Alat Semprot Pertanian Terbaik. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa datang ke GokoMart terdekat dan menanyakan kepada petugas yang ada disana. Tak hanya mendapatkan informasi seputar produk, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai promo dan diskon menarik setiap harinya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin