Diterbitkan 4 Jan 2024

Ingin Menanam Kopi? Perhatikan Tanaman Penaung Kopi Di Bawah Ini!

Agri Edu
penaung kopi

Kopi adalah spesies tanaman berbentuk pohon yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan genus Coffea. Kopi menjadi salah satu komoditas perkebunan unggulan yang dimiliki Indonesia. Tak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan kopi dalam negeri, kopi juga diekspor ke berbagai negara. Secara alami tanaman kopi memiliki akar tunggang sehingga tidak mudah rebah. Tetapi akar tunggang tersebut hanya dimiliki oleh tanaman kopi yang bibitnya berupa bibit semaian atau bibit sambungan (okulasi) yang batang bawahnya merupakan semaian.

Tingginya nilai ekspor tersebut membuat budidaya kopi harus dilakukan dengan optimal yaitu dengan menggunakan tanaman penaung. Tanaman penaung dapat  menahan angin, menjaga dari sinar matahari yang terik dan menjaga tanaman kopi dari intensitas curah hujan yang tinggi. Manfaat lain tanaman penanung yaitu menghasilkan serasah yang dapat menjaga tanah dan membantu ketersediaan hara tanah.

Terdapat dua jenis tanaman penaung yaitu tanaman penaung tetap dan tanaman penaung sementara. Penaung tetap adalah tanaman yang menaungi selama hidup tanaman kopi. Sedangkan penaung sementara adalah tanaman yang ditanam satu tahun sebelum bibit kopi ditanam.

Berikut tanaman penaung kopi yang bisa digunakan:

a. Tanaman Lamtoro

Tanaman lamtoro sangatlah cocok digunakan sebagai penaung kopi. Selain menjaga tanaman kopi dari angin dan sinar matahari yang berlebihan. Lamtoro dapat digunakan kayunya untuk dijadikan kayu bakar dan daunnya sangat baik untuk menjaga kelembapan tanah. Jika, kayu bakar umumnya banyak asap yang ditimbulkan dan bisa mengganggu udara bersih sekitaran, kayu kering lamtoro dapat meminimalisir kemungkinan polusi udara disebabkan karena asap pembakaran.

b. Tanaman Sengon

Tanaman sengon mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.Kemampuan adaptasi dari tumbuhan ini cukup baik. Sengon dapat tumbuh berbagai kondisi tanah, dan juga tanaman ini mudah cepat tumbuh. Tanaman ini juga mempunyai dampak ganda, yaitu sebagai tanaman konservasi dan tumbuhan produksi. Karena tumbuhan ini mempunyai akar tunggang yang mampu kuat tumbuh ke dalam, dan rambut akar pada tanaman ini bisa menyimpan zat nitrogen, sehingga tanah disekitarnya menjadi subur.

c. Tanaman Akasia

Manfaat akasia sangat beragam. Tapi biasanya spesies-spesies dari kelompok tumbuhan ini dipakai untuk bahan pembuatan pulp (bubur kertas), kertas, furnitur, mebel, kontruksi rumah dan bangunan, peneduh jalan dan pencegah longsor. Hal inilah banyak para petani menggunakan tanaman akasia sebagai tanaman penaung.

Nah itulah sekilas seputar tanaman penaung kopi yang bisa kamu pilih untuk digunakan pada budidaya kopi. Pantau terus di website Gokomodo untuk mendapatkan seputar tips dan trik agrikultur lengkap lainnya! – 5 Makanan untuk Jaga Kesegaran saat Cuaca Panas.


whatsapp
twitter
facebook
linkedin