Diterbitkan 8 Jun 2023

Ini Dia Cara Mudah Menanam dan Merawat Jeruk Manis

Tips / Tutorial
cara menanam jeruk

Apakah kamu penggemar buah jeruk manis dan rutin mengonsumsinya? Jika iya, ini adalah artikel yang tepat untukmu. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi seputar cara menanam tanaman jeruk manis serta bagaimana cara perawatannya yang baik dan benar. 

Pembibitan 

Sebelum menanam jeruk manis, pastikan kamu sudah menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Kamu bisa memperoleh bibit tersebut dengan menyemai bijinya ataupun melakukan stek atau cangkok pada bagian batang tanaman dewasa. Jika memilih cara kedua, pastikan tanaman induk yang dipilih masih produktif dan sehat, serta memiliki batang yang lurus. 

Pembuatan lubang tanam 

Setelah menyiapkan bibit, selanjutnya adalah membersihkan lahan dari gulma dan ranting pohon yang berserakan. Setelah itu, gunakan cangkul untuk menggali tanah berukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman 30 cm. 

Berikan pupuk kandang di setiap lubang tanam sebagai pupuk dasar dan diamkan lahan selama 7 sampai 10 hari sebelum melakukan proses penanaman. 

Penanaman 

Memasuki proses penanaman, bibit jeruk manis yang sudah disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam secara perlahan. Setelah sebagian tanaman masuk ke lubang, tutupi dengan tanah dan siram dengan air secukupnya.

Perawatan 

Dalam melakukan perawatan tanaman, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa perawatan pada budidaya jeruk manis tersebut, antara lain: 

1. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin agar kebutuhan air tanaman jeruk manis bisa tercukupi, terutama saat musim kemarau tiba. Penyiraman yang baik dilakukan saat pagi hari dan sore hari agar penyerapan maksimal.

2. Pembersihan gulma 

Usahakan untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jeruk manis. Hal ini penting dilakukan karena gulma dapat menyerap unsur hara maupun air yang ada di dalam tanah sehingga bisa mengurangi pasokan air dan nutrisi tanaman. 

3. Pemupukan 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, lakukan pemberian pupuk secara berkala. Kamu bisa menggunakan pupuk kimia majemuk, seperti pupuk phonska yang memiliki kandungan unsur NPK yang lengkap. 

4. Pemangkasan Cabang 

Perawatan lain yang harus dilakukan adalah memangkas cabang yang dinilai terlalu lebat. Perawatan ini dilakukan agar tanaman bisa lebih fokus dalam membentuk buah dan hasilnya lebih optimal.

5. Pruning bunga 

Pruning atau pembuangan bunga juga dapat dilakukan untuk membuang bunga yang kurang produktif. Dengan begitu, nutrisi akan lebih fokus disalurkan kepada bunga yang bagus untuk tumbuh menjadi buah jeruk yang manis. 

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hampir semua tanaman pasti memiliki peluang untuk terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu, Cari Tahu Apa Itu Penyakit Tanaman dan segera lakukan pemasangan perangkap untuk pencegahan dan gunakan pestisida jika sudah terjadi serangan. 

Pemanenan 

Proses yang tak kalah penting dari budidaya tanaman jeruk manis adalah pemanenan. Umumnya, buah jeruk yang berumur 1.5 sampai 2 tahun setelah tanam sudah bisa dipanen dengan cara manual menggunakan tangan ataupun alat pemotong buah dari tangkainya. 

Demikian langkah-langkah menanam jeruk manis beserta upaya perawatan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Temukan informasi seputar budidaya tanaman lainnya di website Gokomodo agar budidaya yang kamu lakukan bisa berhasil dan memiliki nilai jual yang tinggi! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin