Diterbitkan 11 May 2023

Ini Dia Manfaat Lain Tanaman Teh Bagi Alam

Agri Edu
manfaat teh

Sebagai salah satu komoditas unggulan Indonesia, tanaman teh memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain dikonsumsi menjadi minuman seduh yang nikmat, tanaman teh yang masih hidup juga memiliki manfaat penting bagi alam. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari penanaman teh adalah kemampuannya dalam menahan erosi.

Tanaman teh atau Camellia sinensis merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 200 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Sebab, tanaman teh membutuhkan kelembapan yang tinggi agar tumbuh dengan baik. Secara umum, kelembapan udara yang dibutuhkan tanaman teh adalah lebih dari 70% dan suhu tumbuh optimal adalah kisaran 13 hingga 25 derajat Celcius. 

Dilihat dari morfologinya, tanaman teh memiliki akar berupa akar tunggang yang panjang. Akar tunggang dapat tumbuh hingga kedalaman 90 sampai 150 sentimeter. Oleh karena akar tunggang tersebut tumbuh ke dalam dan ke samping, akar tersebut pun dapat menancap kuat ke dalam tanah. Sehingga, tanaman teh mampu menahan erosi yang disebabkan oleh air maupun angin.

Cara menggunakan tanaman teh untuk menahan erosi

Cara menggunakan tanaman teh untuk menahan erosi juga mudah. Kamu bisa menanam tanaman teh di bagian lereng kosong yang rawan longsor dan sudah tidak bisa lagi ditanami sayur-sayuran. Tanam tanaman teh tersebut dengan pola sejajar, yakni dengan meletakkan satu tanaman teh sekitar satu hingga satu setengah meter. Selain agar tumbuh dengan rapi, penanaman dengan cara ini juga bisa mencegah terjadinya longsor. 

Sementara itu, untuk memudahkan dalam memanen daun teh nantinya, kamu bisa membuat bagian lereng menjadi sengkedan. Sengkedan merupakan sistem pertanian yang biasa digunakan untuk daerah dengan kontur tanah miring sehingga berbentuk seperti tangga.

Cara tanaman teh dalam mencegah erosi juga bervariasi. Tanaman teh yang ditanam berjajar akan menahan angin yang menerpa tanah. Dengan demikian, partikel tanah tidak akan terbawa angin dan pengikisan tanah yang disebabkan angin juga tidak terjadi. 

Sementara untuk mencegah erosi yang disebabkan oleh air, tanaman teh menggunakan akar tunggangnya yang menancap hingga ke dalam ke tanah. Akar teh akan menahan aliran air saat menuruni lereng, sehingga aliran tersebut tidak mengikis tanah maupun membawa partikel tanah bersama alirannya. 

Akar teh juga bisa menyerap air untuk menghindari kelebihan air di dalam tanah maupun memperkuat tanah agar tetap dalam posisinya. Sehingga, penumpukan air yang bisa menyebabkan longsor tidak terjadi dan tanah terhindar dari erosi.

Itu dia manfaat tanaman teh bagi alam yang perlu kamu tahu. Jika ingin tahu manfaat teh lainnya, simak 7 Manfaat Baik dari Secangkir Teh untuk Tubuh pada website Gokomodo. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.