Diterbitkan 3 Feb 2023

Inilah Fungsi dan Cara Pemberian Pupuk Dasar pada Budidaya Buah-buahan

Agri Edu
Fungsi dan Cara aplikasi Pupuk Dasar

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam budidaya buah-buahan adalah pemberian pupuk dasar. Secara sederhana, pupuk dasar adalah pupuk yang diberikan pada awal masa tanam. Pupuk ini bisa berupa pupuk organik maupun pupuk anorganik, pemupukan harus dilakukan dengan tepat agar tujuan menambahkan unsur hara menghasilkan produksi dan mutu yang meningkat.

Tujuan dari pemberian pupuk dasar ini, yaitu menyediakan unsur hara makro dan mikro pada awal pertumbuhan tanaman. Berikut beberapa langkah dalam pemberian pupuk dasar dalam budidaya buah-buahan secara baik.

  1. Taburkan pupuk fosfat seperti TSP dan SP36 atau pupuk fosfat non subsidi. Selanjutnya untuk melengkapi unsur hara lain bisa menggunakan NPK non subsidi ataupun phonska.
  2. Siapkan pupuk kandang (pukan) dalam bentuk kotoran hewan matang yang telah terfermentasi sempurna.
  3. Campurkan tanah dan pukan dengan perbandingan tepat yang sudah siap diaduk rata.
  4. Tambahkan pupuk yang mengandung fosfat dan NPK pada saat pengadukan tanah dengan pukan.
  5. Masukkan semua campuran diatas dalam lubang tanam sampai mencapai batas tinggi leher akar bibit yang akan ditanam. 
  6. Padatkan tanah di bagian sisi samping lubang agar terhindar dari efek longsong bila nantinya akan tersiram air atau hujan deras, sehingga posisi bibit setelah ditanam tidak mengalami perubahan. 
  7. Langkah terakhir, taburkan taburkan dolomit pada sekeliling bibit yang sudah ditanam.

Fungsi pemberian pupuk dasar ini berbeda-beda, misalnya pada fosfat, unsur ini sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam pembentukan sistem perakaran yang kuat. Sedangkan dolomit, unsur ini berguna menjaga pH tanah dengan stabil dan memasok hara magnesium sebagai penyusun utama klorofil daun. Nitrogen juga penting untuk merangsang pertumbuhan dan memberi warna hijau pada daun untuk proses fotosintesis, sedangkan fungsi kalium ialah untuk menjaga tanaman lebih kuat dari serangan hama dan penyakit di awal pertumbuhannya.

Selain itu, pemberian pupuk kandang beberapa fungsi, diantaranya adalah menambah bahan organik tanah, menyediakan zat makanan bagi mikroorganisme tanah serta memperbaiki struktur tanah menjadi lebih remah. Oleh karena itu, pemupukan dasar pada tanaman buah-buahan tidak bisa dilewatkan oleh para petani.

Itu dia informasi seputar pemberian pupuk dasar pada budidaya buah-buahan yang penting untuk kamu ketahui. Selain membuatnya sendiri, kamu juga bisa menggunakan pupuk berkualitas yang bisa didapatkan dengan mudah melalui Gokomodo. Kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya!

ARTIKEL LAINNYA: Perbedaan dan Cara Memilih Pupuk Organik dan Kimia

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.