Diterbitkan 18 May 2023

Inilah Pestisida Alternatif dengan Bahan yang Mudah Kamu Temui di Rumah!

Tips / Tutorial
pestisida

Budidaya tanaman memang tidak lepas dari penggunaan bahan kimia tambahan, salah satunya pestisida. Penggunaan pestisida ditujukan untuk membunuh OPT tertentu yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan pestisida juga sepadan dengan dampak yang diberikan ke alam. Oleh karena itu, sekarang banyak ditemukan bahan alternatif pembuatan pestisida, minyak goreng dan sabun cuci piring misalnya. 

Berbagai macam pestisida alternatif

Kegunaan bahan aktif

Sabun cuci piring juga dikenal sebagai pestisida yang lebih ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang dapat hanyut dengan air. Sabun cuci piring mampu membunuh serangga dengan cara merusak membran sel dan mengganggu metabolisme. Kandungan pada sabun mampu menghilangkan lapisan pelindung serangga sehingga serangga mudah mati. Perlu diwaspadai penggunaan sabun cuci piring dengan konsentrat lebih dari 2% dapat membunuh tanaman. 

Minyak goreng yang dapat digunakan sebagai pestisida adalah yang terbuat dari sayur (minyak nabati). Bahan baku ini terbukti efektif untuk membunuh serangga bertubuh lunak seperti kutu daun, tungau, dan thrips. Minyak nabati akan membuat serangga ‘tercekik’ sehingga serangga cepat mati. Tidak hanya serangga, ternyata minyak nabati juga bisa membunuh larva bahkan mencegah telur serangga menetas. 

Cara pembuatan

Untuk membuat pestisida dari dua bahan tersebut, kamu bisa mencampurkan 1 bagian sabun cuci piring dan 2 bagian minyak goreng. Minyak goreng yang disarankan yaitu minyak nabati/minyak sayur. Campurkan dua bahan tersebut di dalam toples atau botol yang memiliki tutup rapat. Setelah bahan tersebut dimasukkan, kocok wadah hingga cairan berwarna putih. 

Pengaplikasian pestisida pada tanaman

Tentunya pestisida dengan bahan minyak goreng dan sabun bersifat pekat. Untuk penggunaannya, kamu perlu melarutkan 1 sendok makan pestisida tersebut dengan 2 liter air ke dalam semprotan. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan pestisida pada tanaman dengan cara disemprot.

Banyaknya penggunaan bahan yang ada di rumah menjadi alternatif untuk merawat tanaman, seperti Manfaat Ampas Kopi: Tidak Hanya untuk Kesehatan Kulit, Tetapi Kesehatan Tanaman Juga! dan masih banyak bahan lainnya. Penggunaan pestisida alternatif cocok untuk budidaya tanaman di rumah. Alangkah baiknya jika pestisida umumnya dipakai pada lahan yang luas. Baca artikel seputar hortikultura lainnya melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin