Diterbitkan 27 Sep 2024

Inilah Ragam Kegiatan Seputar Kelapa Sawit di Tahun 2024 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Agri Edu
Ragam Kelapa Sawit

Usaha budidaya kelapa sawit memang tidak mudah sebab terdapat beberapa persoalan yang mungkin timbul. Untuk mengatasinya, ada aneka ragam kegiatan kelapa sawit yang diadakan setiap tahun agar sektor ini dapat terus berkembang.

Setiap kegiatan tersebut mengangkat berbagai tema berbeda sehingga memberikan angin segar bagi pelaku usaha kelapa sawit. Jika kamu berniat untuk mengikuti aneka kegiatan terkait kelapa sawit, simak ulasan berikut ini.

Sumber: iStock

SIEXPO 2024

Sawit Indonesia Expo and Conference atau yang dikenal dengan SIEXPO tahun ini diselenggarakan di Pekanbaru. Event tahunan ini difokuskan pada pembahasan terkait upaya peningkatan produktivitas dan memperkuat kemitraan sawit. Tak hanya berisi pameran, SIEXPO tahun kedua ini juga menggelar konferensi dengan 20 pembicara.

SIEXPO 2024 dimeriahkan oleh 120 peserta pameran yang sebagian besar merupakan perusahaan pendukung industri sawit. Bahkan ada pula yang datang dari negara lain seperti Malaysia, China, Kostarika, dan Argentina dengan jumlah pengunjung mencapai 3.500 orang selama 3 hari.

Semarak UKMK Sawit 2024

UKMK Sawit merupakan upaya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk memperkuat UKMK dalam menggunakan produk berbahan sawit. Hingga Agustus 2024, BPDPKS telah menyelenggarakan kegiatan ini di 6 kota, yakni Medan, Yogyakarta, Cirebon, Solo, Kupang, dan Makassar.

Serangkaian acara yang berlangsung meliputi pameran, talkshow, workshop pengembangan produk kerajinan, pembuatan batik sawit, dan lainnya. Semarak UKMK juga didukung oleh media untuk turut mengkampanyekan manfaat sawit bagi UKMK melalui promosi sawit.

Pekan Riset Sawit 2024

Pekan Riset Sawit Indonesia (Perisai) kembali diadakan dengan tema Green Gold: Transforming Palm Oil Industry Through Cutting-Edge Technologies. Kegiatan ini merupakan sarana yang mempertemukan peneliti dan pelaku di industri kelapa sawit, termasuk pemerintah sebagai pengambil kebijakan.

Perisai 2024 diadakan di Nusa Dua, Bali dengan berbagai rangkaian kegiatan pada 3-4 Oktober. Serangkaian acara yang berlangsung diantaranya panel diskusi hasil penelitian dan pengembangan sawit, pameran produk dan poster hasil penelitian dan pengembangan sawit, talkshow, business engagement, serta lomba riset sawit.

Indonesia Palm Oil Research and Innovation Conference and Expo (IPORICE)

IPORICE kembali hadir untuk menyatukan para peneliti, akademisi, praktisi, pengambil kebijakan, dan pemangku kepentingan. Forum yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional bersama GPPI tahun ini mengusung tema “Daya Juang Sawit Berkelanjutan untuk Indonesia Maju”.

Melalui kegiatan ini, beberapa organisasi dan perusahaan unggulan turut serta dalam forum diskusi dan expo yang menampilkan produk hasil riset dan produk industri hilirisasi. Peserta yang aja mengisi booth diantaranya DMSI, EIJP, GPPI, GIMNI, Asosiasi Samade, APKASINDO, Council of Palm Oil Producing Countries, dan masih banyak lagi.

Berbagai kegiatan di atas tentunya menambah wawasan dan pengalaman, baik bagi para pelaku usaha maupun masyarakat umum. Jika kamu tertarik dengan berbagai kegiatan di atas, kamu bisa mulai mencari informasi terkait kegiatan yang sama di tahun depan dari sekarang.

Nah, informasi update seputar pertanian khususnya kelapa sawit bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui website Gokomodo. Ada banyak artikel menarik seputar sawit yang tentunya akan memperluas ilmu pengetahuanmu. Salah satunya adalah artikel berikut ini – Banyak Loh Rekomendasi Pupuk Sawit Bisa Dipakai Untuk Tanaman Sawit. Cek Selengkapnya, Yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin