Diterbitkan 12 Jul 2023

Inilah Sumber Vitamin C pada Buah untuk Imunitas Tubuh

Lifestyle
buah untuk imunitas tubuh

Perubahan iklim dan cuaca sekarang menjadi semakin ekstrim, terlebih saat musim pancaroba. Perbedaan suhu di siang dan malam hari yang ekstrim juga sering terjadi saat pancaroba. Perubahan ekstrim inilah dapat menyerang sistem imun sehingga mudah terserang penyakit. 

Kebanyakan orang pasti sedia vitamin C selama menghadapi musim pancaroba. Vitamin C terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Seringkali vitamin C yang dikonsumsi sudah diolah menjadi suplemen kesehatan agar mudah dikonsumsi. Untuk kamu yang tidak bisa mengonsumsi suplemen, tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin C langsung dari sumbernya. 

Vitamin C pada buah

Kita hidup di negara tropis yang mudah sekali dijumpai buah tropis. Beberapa buah tropis terkenal memiliki kandungan vitamin C untuk imunitas tubuh, seperti:

a. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan vitamin C yang banyak. Tidak heran kandungannya mencapai 130%, loh. Disamping itu, banyak mineral yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, thianin, niacin, fosfor, dan lainnya. Buah ini sangat cocok untuk imunitas tubuh.

b. Kiwi

Biasanya buah yang mengandung banyak vitamin C berwarna oranye atau kemerahan. Siapa sangka buah kiwi ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam secangkir kiwi, terdapat 273% vitamin C. Banyak, kan

c. Stroberi

Buah rasa masam ini ternyata memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Meskipun belum ada presentase kandungan vitamin C, stroberi cukup diandalkan untuk meningkatkan imun tubuh. Ditambah lagi kandungan antioksidannya bisa membantu menangkal radikal bebas.

d. Pepaya

Tidak ada rasa masam pada pepaya, tetapi kandungan vitamin C hampir sama dengan kiwi. Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 224%. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C. 

e. Jambu biji

Masih sedikit yang tahu bahwa jambu biji memegang kedudukan tinggi vitamin C dalam buah. Per 100 gram jambu biji mengandung 228.3 mg vitamin C.

Buah tersebut sangat sering dijumpai dalam keseharian kita dan harganya pun masih terjangkau. Tidak terbatas pada konsumsi buah-buahan, meningkatkan daya tahan tubuh bisa diperoleh dari teh – Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Jenis Teh Ini. Ingat untuk mengolah buah maupun teh dengan benar, salah satunya dengan tidak menggunakan gula. Temukan tips menjaga kesehatan di website Gokomodo sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.