Diterbitkan 7 Aug 2024

Inilah Unsur Hara Yang Wajib Ada Dalam Pupuk Sawit

Agri Edu
pupuk sawit

Budidaya kelapa sawit sangat vital bagi Indonesia karena menjadi salah satu sumber devisa utama negara. Buah kelapa sawit menghasilkan minyak kelapa sawit mentah atau yang lebih dikenal dengan CPO (crude palm oil). Minyak sawit mentah dari Indonesia menjadi komoditas ekspor utama untuk memenuhi permintaan pasar internasional yang tinggi. Oleh karena itu, pemerintah banyak berperan dalam berbagai aspek budidaya tanaman kelapa sawit mulai dari pembenihan, perawatan, panen, hingga pemasarannya.

Salah satu komponen penting dalam proses perawatan kelapa sawit adalah pemupukan. Banyak jenis pupuk yang beredar di pasaran dengan beragam zat aktif yang terkandung di dalamnya. Supaya sesuai dengan kebutuhan budidaya kelapa sawit kamu, simak pembahasan Gokomodo kali ini tentang unsur hara apa saja yang dibutuhkan oleh kelapa sawit melalui pemupukan. Simak sampai habis, ya!

Sumber: GAPKI

Seberapa Penting Pemupukan Pada Kelapa Sawit?

Beberapa perkebunan kelapa sawit di Indonesia berlokasi di lahan gambut – Apa Itu Lahan Gambut? Ini penjelasan Beserta Manfaatnya. Lahan gambut memiliki karakteristik lahan yang kering, kurang subur, asam, serta kandungan unsur haranya yang rendah. Untuk itu, pemberian pupuk kelapa sawit sangat dianjurkan agar nutrisi kelapa sawit terpenuhi. Apa saja ya nutrisi yang diperlukan oleh kelapa sawit?

Unsur Hara Makro

Sesuai dengan namanya, unsur hara makro merupakan unsur hara utama yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman. Tiga unsur hara makro dalam tanah yang umumnya dikemas dalam pupuk adalah NPK nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

  1. Nitrogen (N)

Nitrogen merupakan unsur hara penting untuk membantu pertumbuhan vegetatif seperti pertumbuhan akar, batang, serta pembesaran tanaman. Tanpa adanya nitrogen, tanaman kelapa sawit tidak dapat tumbuh dengan baik. Kekurangan nitrogen pada kelapa sawit dapat mengakibatkan perubahan warna tanaman menjadi kuning cerah, tumbuh gulma, dan kerdil.

  1. Fosfor (P)

Selain membantu proses pertumbuhan, pemberian pupuk juga berperan dalam meningkatkan kekuatan dan kokohnya tanaman kelapa sawit. Pupuk dengan unsur fosfor membantu menguatkan batang dan akar agar tanaman tidak mudah roboh. Kurangnya unsur fosfor dapat dilihat dari tanda-tanda berupa daun menjadi keunguan, pertumbuhan tidak maksimal, kerdil, dan banyak ditumbuhi gulma.

  1. Kalium (K)

Karena bagian utama kelapa sawit yang diambil adalah buahnya, maka harus dipastikan buahnya pun berkualitas. Kalium digadang-gadang menjadi unsur hara untuk memperbaiki kualitas dan merangsang tumbuhnya buah. Kalium membantu meningkatkan fotosintesis tanaman sehingga produksi makanan pada tanaman kelapa sawit dapat terpenuhi dengan baik. Jika kamu menemui tanda putih pada daun, segera berikan pupuk dengan kandungan kalium. 

Unsur Hara Mikro

Selain unsur hara makro, ketersediaan unsur hara mikro juga penting untuk pertumbuhan kelapa sawit. Unsur hara mikro merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang sedikit dan berbeda-beda untuk setiap tanaman. Dari sekitar 13 unsur hara mikro, inilah unsur hara mikro yang umumnya diperlukan oleh tanaman kelapa sawit.

  1. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu unsur hara mikro yang baik untuk diberikan pada tanaman kelapa sawit. Magnesium berperan dalam pembentukan minyak kelapa sawit serta melancarkan fotosintesis pada tanaman. Kekurangan magnesium pada tanaman kelapa sawit dapat terlihat dari ujung daun berubah warna menjadi kekuningan hingga coklat.

  1. Tembaga

Tembaga tidak hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kabel saja, melainkan juga untuk menutrisi tanaman kelapa sawit. Tembaga termasuk ke dalam unsur hara mikro yang hanya dibutuhkan sedikit saja oleh kelapa sawit. Meskipun sedikit, tembaga berperan membantu percepatan pembentukan zat hijau daun. Kekurangan unsur hara tembaga mengakibatkan daun kelapa sawit menguning dan mengering, lalu mati. 

  1. Boron

Boron juga merupakan salah satu unsur hara mikro yang penting untuk kelapa sawit. Boron banyak berperan pada perkecambahan kelapa sawit dengan cara menjaga kesehatan akar. Jika kelapa sawit tidak mendapatkan cukup boron, maka daunnya akan terlihat keriting, ujung daun terlipat, berwarna hijau tua, rapuh, dan rentan terhadap crown disease

Pupuk dengan kandungan unsur hara makro dan mikro pada penjelasan di atas dapat kamu beli di GokoMart. Produk pupuk yang dijual di GokoMart memiliki sertifikasi keaslian, harga yang kompetitif, dan berkualitas.

Bingung bagaimana melakukan pemupukan kelapa sawit dengan dosis yang tepat? Kamu bisa membacanya pada kemasan pupuk atau baca artikel berikut ini: Ingin Hasil Optimal? Perhatikan Tabel Pemupukan Sawit Berikut! Cari tahu informasi seputar pupuk lainnya di blog Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin