Diterbitkan 23 Jun 2023

Inilah Wilayah Perkebunan Kelapa Sawit Terluas di Pulau Jawa

Agri Edu
wilayah perkebunan kelapa sawit

Selain Pulau Sumatra dan Kalimantan, Pulau Jawa juga memiliki lahan perkebunan sawit yang turut menyumbang produksi minyak sawit nasional. Hal ini tentunya menjadi acuan bahwa masih ada banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan oleh sektor perkebunan.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan DPP Asosiasi Petani Perkebunan Inti Rakyat (Aspek-PIR). Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, menjelaskan bahwa Banten merupakan wilayah terbesar di Pulau Jawa yang memiliki areal perkebunan yang sangat luas

BPDPKS merupakan sebuah badan layanan umum dengan tugas menghimpun dana, mengelola, serta menyalurkannya kepentingan kelapa sawit Indonesia. Badan ini memiliki berbagai program kerja, seperti riset, promosi kelapa sawit, hilirisasi industri kelapa sawit, dan pemenuhan kebutuhan pangan.

Lebih dari itu, BPDPKS juga memiliki program pengembangan sumber daya manusia bagi para pekebun kelapa sawit di seluruh Indonesia berupa beasiswa. Menariknya lagi, badan ini juga mengupayakan penyediaan bahan bakar nabati, seperti misalnya program B-30. 

Perkebunan kelapa sawit di Banten

Luas perkebunan kelapa sawit di Banten telah mencapai 18.999 hektar. Dari jumlah tersebut, 9.604 hektar merupakan milik perkebunan besar negara, 6.886 hektar milik perkebunan sawit rakyat, serta 2.149 hektar milik perusahaan besar swasta. Dari sejumlah lahan perkebunan yang ada di Banten tersebut, diketahui bahwa luas lahan dengan pola Perkebunan Inti Rakyat atau PIR masih cukup tinggi. Hal ini tentu menunjukkan bahwa masih banyak petani rakyat yang terlibat erat dengan sektor usaha ini. 

Luasnya lahan perkebunan kelapa sawit dengan pola Perkebunan Inti Rakyat juga membuat kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR banyak ditujukan kepada para petani PIR. Alasannya, program PSR di Provinsi Banten hingga saat ini baru mencapai 1.258 hektar. Artinya, masih banyak lahan yang belum tersentuh.

Setelah membaca artikel ini, kamu tentunya semakin tahu bahwa di Pulau Jawa juga terdapat perkebunan kelapa sawit yang cukup luas. Sebagai informasi tambahan, baca juga artikel 10 Negara Penghasil Minyak Sawit Dunia di website Gokomodo agar semakin menambah wawasanmu! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin