Diterbitkan 2 Feb 2023

Intip Perbedaan Warna Buah dan Sayur Beserta Manfaatnya

Lifestyle
manfaat buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan dua menu yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna. Keduanya mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh sehingga banyak dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan.

Ada berbagai jenis buah dan sayur yang bisa kamu pilih sesuai selera, namun tentunya setiap jenis memiliki manfaatnya yang berbeda. Salah satu cara untuk mengetahui manfaat tersebut adalah dengan melihat warnanya yang juga menunjukkan perbedaan kandungan di dalamnya. Berikut adalah ulasan singkatnya.

Perbedaan Warna dan Pengaruhnya pada Manfaat Buah dan Sayur

1. Buah dan Sayur Warna Hijau

Buah dan sayur berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, senyawa lainnya adalah sulforaphane, isocyanate, dan indoles yang mampu menghambat kinerja senyawa karsinogenik, mengatur sistem pencernaan, membersihkan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Buah dan sayur hijau yang dapat kamu pilih, seperti selada, bayam, brokoli, dan alpukat.

2. Buah dan Sayur Warna Kuning dan Oranye

Berbeda dengan buah dan sayur berwarna hijau, buah dan sayur berwarna kuning dan oranye mengandung vitamin C yang tinggi dan karotenoid. Beberapa karotenoid, terutama beta-karoten, akan diubah menjadi vitamin A yang akan meningkatkan daya penglihatan dan pertumbuhan sel yang sehat.

Oleh karena itu, buah dan sayur berwarna kuning dan oranye memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah dan sayur berwarna kuning dan oranye yang dapat kamu pilih antara lain wortel, jagung manis, pepaya, dan nanas.

3. Buah dan Sayur Warna Putih

Buah dan sayur berwarna putih yang umumnya mengandung nutrisi berupa sulforaphane, quercetin, kaempferol, dan allicin. Sulforaphane akan meminimalkan risiko terjadinya penyakit kanker, sedangkan allicin memiliki sifat anti tumor yang baik. 

Sementara itu, quercetin dan kaempferol merupakan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Manfaat tersebut membuat buah dan sayur berwarna putih dikenal mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah dan sayur warna putih yang dapat kamu pilih antara lain pir, pisang, dan kembang kol.

4. Buah dan Sayur Warna Merah

Buah dan sayur warna merah memiliki kandungan lycopene yang memiliki fungsi utama untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kanker dan melindungi jantung dengan cara mencegah terjadinya pembekuan darah. Bila kamu tertarik mengonsumsinya, kamu bisa memilih stroberi, semangka, tomat, ceri, apel merah, dan paprika merah.

5. Buah dan Sayur Warna Ungu

Jenis warna buah dan sayur yang terakhir adalah ungu. Buah dan sayur ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa anthocyanin. Jenis antioksidan ini akan membantu menunda penuaan sel dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Beberapa jenis buah dan sayur warna ungu antara lain kubis ungu, anggur ungu, terong, blackberry, dan plum.

Itulah informasi terkait manfaat buah dan sayur yang bisa kamu lihat berdasarkan warnanya. Dengan demikian, untuk mendapatkan semua manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Apakah kamu tertarik membaca artikel menarik lainnya? Jika iya, kamu bisa menemukannya di website Gokomodo sekarang juga! Kunjungi segera untuk informasi selengkapnya, ya!

ARTIKEL LAINNYA: Banyak yang Tidak Tahu, Inilah Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Sumber Pangan

whatsapp
twitter
facebook
linkedin