Diterbitkan 1 Mar 2024

Jadi Primadona, Ini Merek Traktor Sawah Terbaik

Agri Edu
Traktor sawah

Traktor sawah secara umum dikenal sebagai alat mekanisasi pertanian yang berupa traktor tangan dan atau traktor roda empat. Secara definisi, traktor tangan merupakan alat yang  proses penggunaannya masih menggunakan tangan. Jenis traktor ini dilengkapi dengan operator di bagian belakang alat saat proses pengoperasiannya.

Berbeda dengan traktor tangan, traktor roda empat merupakan traktor yang memiliki bentuk seperti mobil dengan roda berukuran cukup besar. Pada traktor jenis ini, operator harus duduk untuk mengendarainya. Secara umum, traktor roda empat dapat ditambahkan implemen seperti disc plow, disc harrow, front dozer, dan rotavator untuk membantu proses pengolahan lahan, pemupukan, hingga mengangkut hasil panen. Berikut rekomendasi traktor sawah terbaik yang bisa kamu pilih!

Sumber: Pinterest

1. Traktor Quick G 1000

Traktor Quick G 1000 menjadi salah satu primadona traktor sawah di kalangan para petani. Menggunakan mesin traktor dengan dua roda pilihan, traktor ini memiliki performa yang kuat, tangguh, serta stabil untuk membajak lahan basah maupun lahan kering. 

Traktor ini juga dilengkapi motor penggerak Kubota dengan tenaga bervariasi, yakni antara 8,5 – 11 HP. Tak hanya itu, tuas untuk operasional traktor pun terletak di lokasi yang mudah dijangkau sehingga alat ini dapat dengan mudah digunakan dan stabil saat dikendalikan.

2. Traktor Krishna YM 80 x TF 70 LY

Mencari traktor terbaik yang memiliki kekuatan dan dapat diandalkan memang cukup sulit. Namun, dengan memilih traktor Krishna berseri YM, kamu akan mendapatkan dua hal tersebut.

Memiliki desain yang ramping dan ringan, traktor ini dikenal mampu memudahkan saat berpindah antar pematang sawah. Tak hanya itu, traktor ini juga memiliki dua pegangan tangan yang membuatnya lebih lincah saat digunakan bermanuver di lahan sempit atau bertingkat.

3. Traktor Quick Impala

Rekomendasi berikutnya adalah traktor Quick Impala yang memiliki roda dua untuk memanjat ataupun menuruni pematang sawah. Memiliki bobot yang ringan, traktor ini menjadi pilihan terbaik apabila kamu membutuhkan alat pembajak sawah di lahan terasering di sekitar area pegunungan. 

Traktor Quick Impala menjadi primadona karena memiliki body yang kuat dan tangguh dari besi cor khusus. Alat ini juga sangat cocok untuk sawah di sekitar pegunungan yang memiliki medan menanjak dan menurun karena memiliki mesin yang stabil.

4. Traktor Seri YM

Rekomendasi yang terakhir adalah Traktor Seri YM yang memiliki tenaga maksimum 6,5 – 7 PS. Dengan berat antara 164,5 – 190,6 kg, traktor tangan sangat lincah dan nyaman digunakan bermanuver di lahan sempit dan bertingkat. Desain yang ringan dan lebih ramping juga membuatnya mudah saat berpindah antar pematang sawah.

Traktor Seri YM dilengkapi dengan dudukan pinggiran yang besar dan tebal, serta tuas kopling yang terbuat dari zinc alloy finishing ed black. Lebih lanjut, traktor ini juga tidak mudah pecah sehingga memudahkan saat penggantian part.

Itu dia rekomendasi traktor sawah terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Baca juga Jenis Traktor Perkebunan Kelapa Sawit beserta Tips Memilihnya di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.