Diterbitkan 16 Jul 2024

Jangan Bingung! Inilah 3 Obat Ulat Padi Paling Ampuh Saat Ini

Agri Edu
Obat Ulat Padi

Padi merupakan tanaman pangan utama di Indonesia mengingat sebagian besar masyarakatnya memilih nasi untuk menu utama. Oleh karena itu, hadirnya petani padi memiliki andil besar dalam menjaga ketahan pangan Indonesia. Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi petani selama musim tanam mulai dari faktor musim, hama, hingga penyakit – Perlu Cara Khusus, Begini Pengendalian Hama Kepik Hijau.

Untuk menghasilkan kualitas panen terbaik, petani padi perlu menjaga dan merawat tanamannya dengan baik termasuk saat mengendalikan hama. Ulat padi menjadi salah satu hama yang perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Berikut rekomendasi obat ulat padi paling ampuh dengan harga terjangkau yang populer.

Rekomendasi Produk Obat Ulat Padi Terbaik

1. Incipio 200 SC

Incipio 200 SC merupakan salah satu insektisida keluaran PT. Syngenta yang cukup populer karena kemampuannya. Insektisida ini mengandalkan bahan aktif golongan 30 yaitu Isocycloser AM 200g/l yang kuat dan efektif secara kontak dan sistemik. Produk ini cukup multifungsi karena tidak hanya mampu membasmi ulat tetapi juga dapat digunakan pada kutu-kutuan, gurem, belalang, ulat tanah, dan orong-orong. Penggunaan Incipio untuk hama ulat memiliki dosis anjuran sebanyak 1-2 ml per liter air. Incipio memiliki kontak kuat setelah aplikasi hama secara sistemik 1×24 jam setelah aplikasi, selanjutnya hama akan berhenti makan dan mati.

2. Biowasil

Biowasil adalah pestisida nabati yang dirancang untuk mengatasi berbagai hama tanaman dengan ampuh, termasuk ulat. Pestisida yang satu ini diformulasikan khusus dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang dipadukan dengan bahan-bahan alami lainnya sehingga cukup ramah lingkungan.

Selain mampu merusak jaringan tubuh hama akibat racun perut, Biowasil juga dapat mengusir hama karena aroma, rasa, dan baunya yang dibenci hama. Biowasil diperkaya dengan stabilizer sehingga mampu bertahan sekalipun terkena cucian air hujan.

Pengaplikasian Biowasil dapat dilakukan dengan cara disemprotkan dengan dosis 3-4 tutup per 14 liter air. Meski memiliki banyak fungsi dan aman dalam penggunaan, Biowasil memiliki harga yang sangat terjangkau, loh!

3. Ulate 550SL

Insektisida berbentuk pekatan berwarna kuning kecoklatan ini biasanya dapat dengan mudah diemulsikan dalam air. Tidak hanya dapat digunakan pada padi, Ulate 550SL juga bisa diaplikasikan pada tanaman semangka, cabai, bawang merah, tomat, dan kacang hijau.

Ulate 550SL bersifat translaminar untuk mengendalikan hama Spodoptera exigua dan ulat Plutella xylostella. Insektisida ini cukup ampuh untuk membasmi hama ulat karena mengandung bahan aktif Dimehypo 550 g/l dan Emamectin Benzoat 50 g/l. Konsentrasi dosis yang dianjurkan saat menggunakan Ulate 550SL adalah sebanyak 1-1,5 ml per liter air.

Membasmi hama ulat padi tentunya membutuhkan ketelitian yang bisa diawali dengan ketepatan memilih produk obatnya. Jika kamu membutuhkan produk pertanian berkualitas dengan harga terbaik, kamu bisa membelinya melalui outlet GokoMart yang ada di daerahmu. Segera datang ke GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap untuk mendapatkan pengalaman belanja nyaman dan menyenangkan! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin