Diterbitkan 21 Dec 2023

Jenis Serangan Hama dan Penyakit serta Gejala yang Ditimbulkan pada Tanaman Tomat

Agri Edu
hama penyakit tanaman

Selain mudah tumbuh, tanaman tomat ternyata juga mudah diserang penyakit dan juga hama. Serangan penyakit dan hama tentu saja menyebabkan gangguan pertumbuhan tanaman tomat hingga adanya ancaman gagal panen. Agar semakin waspada, Gokomodo meringkas tentang serangan hama dan penyakit yang sering menjangkit tanaman tomat dan ciri gejalanya.

Hama yang Menyerang Tomat

Hama biasanya disebabkan oleh serangan hewan, seperti golongan serangga, ulat, kutu, kumbang, dan masih banyak lagi. Lebih spesifiknya, beberapa hama berikut ini sering dijumpai menyerang tanaman tomat

Thrips

Thrips merupakan kutu daun yang sering menyerang tanaman buah, termasuk tomat. Hama thrips yang menyerang daun tanaman tomat akan mengganggu bahkan menghentikan proses fotosintesis. Thirips menyerang dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada daun. Akibatnya, daun yang semula berwarna hijau berubah menjadi putih. Jika dibiarkan, lama kelamaan tanaman akan mati karena tidak dapat berfotosintesis. 

Ulat

Sumber: Safe Brand

Ulat merupakan hama yang paling umum menyerang hampir semua tanaman. Pada tanaman tomat, ulat menyerang bagian daun, bunga, dan buah. Gejala serangan yang nampak biasanya ditemukan lubang yang mengelilingi buah tomat. Seiring berjalannya waktu, tomat akan mengalami infeksi dan terjadi busuk lunak.

Aphis

Aphis merupakan salah satu jenis kutu daun yang menyerang tanaman tomat. Serangan aphis biasaya dapat ditemui pada bagian bawah daun tanaman tomat. Jika sudah menyerang tanaman, biasanya daun terlihat lebih jelek, mengeriting, dan pertumbuhan tanaman yang kerdil. Perlu diketahui tanaman aphis membawa virus yang menyebabkan kematian pada tomat.

Lalat Buah

Lalat buah, atau yang sering disebut lalat hijau, merupakan hama yang sering menyerang buah-buahan, tidak terkecuali tomat. Hama ini akan bertelur pada bagian buah tomat, sehingga apabila telurnya sudah menetas, keluarlah belatung yang akan menggerogoti buah tomat. Buah yang sudah digerogoti lambat laun akan membusuk dan terjatuh. 

Penyakit yang Ditemukan pada Tanaman Tomat

Selain sering diserang oleh hama, penyakit pada tanaman tomat juga sering disebabkan karena pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Beberapa penyakit yang sering terjadi pada tanaman tomat beserta gejalanya berikut ini

Bercak daun

Bercak daun yang disebabkan oleh jamur septoria merupakan penyakit yang umum terjadi pada tanaman tomat. Biasanya jamur ini akan tumbuh saat cuaca hangat dan basah. Gejala serangan yang terlihat jelas yaitu bercak melingkar pada daun dengan bagain tengah berwarna abu-abu pitih dan tepi berwarna coklat kehitaman.

Antraknosa

New Jersey Agriculture

Antraknosa merupakan penyakit daun paling populer dan bisa saja terjadi pada semua jenis tanaman yang disebabkan oleh serangan jamur. Adanya antraknosa karena penyebaran jamur melalui air. Tanaman tomat yang sudah diserang antraknosa akan tumbul area melingkar kecil yang sedikit menjorok pada buah tomat. 

Penyakit Hawar Daun

Hawar daun, atau yang dikenal sebagai penyakit busuk daun, yang menjangkit tanaman tomat disebabkan oleh jamur alternaria. Daun yang telah terinfeksi penyakit ini akan nampak bintik coklat yang melingkar pada permukaan daun yang lebih dekat ke tanah. Daun yang terinfeksi akan berubah warna menjadi kuning. Meskipun terserang penyakit ini, produktivitas tanaman tomat tidak sepenuhnya terganggu. 

Busuk daun

Busuk daun dapat menyerang tanaman tomat. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytophthora infestans. Biasanya jamur ini tumbuh saat musim hujan maupun saat suhu mulai turun. Busuk daun dapat menjadi penyakit yang membahayakan karena dapat menyerang semua bagian tanaman tomat. Sebelum terlambat, waspadai apabila didapati bercak hijau-hitam pada daun yang menyerupai kerusakan akibat embun beku.Tidak hanya pada daun saja, serangan juga terlihat pada buah tomat. Pada buah tomat, serangan jamur ini akan menimbulkan bercak coklat yang membusuk dengan sangat cepat. Selain itu, ditemukan njuga beberapa lesi yang mengkilap dan gelap. Serangan busuk daun hingga tanaman tomat mati membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu.

Sebenarnya serangan hama dan penyakit dapat dicegah dari masa awal budidaya tomat. Selain pemberian pupuk dan penyiraman yang cukup, ternyata Awali Budidaya Tomat dengan Memilih Atau Membuat Bibit Tomat Berkualitas juga tidak kalah pentingnya. Masih perlu penjelasan tentang serangan OPT dan penyakit pada tanaman? Temukan jawabannya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin