Diterbitkan 2 Jul 2024

Kamu Pencinta Mangga? Coba Berbagai Jenis Mangga di Dalam dan Luar Negeri Yang Lezat Ini

Lifestyle
Jenis buah mangga

Mangga menjadi salah satu buah-buahan tropis yang digemari di seluruh penjuru dunia. Ada banyak ragam jenis mangga yang berasal dari Indonesia dan mancanegara yang banyak diminati oleh orang. Penasaran mangga apa saja yang jadi favorit?

Sumber: Pexels

Jenis Buah Mangga di Indonesia

Karena Indonesia termasuk negara tropis, ada banyak jenis buah mangga yang dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Inilah beberapa jenis mangga lokal di Indonesia, beberapa diantaranya menjadi ikon kabupaten/kota asal mangga itu sendiri, lho!

Mangga Indramayu

Kota Indramayu dijuluki Kota Mangga bukan tanpa alasan. Salah satu mangga unggulan dari Kota Indramayu yaitu Mangga Indramayu. Mangga Indramayu memiliki karateristik daging buah yang cukup tebal dengan rasa yang manis. Yang membedakan Mangga Indramayu dengan mangga lainnya terletak pada tekstur buah yang kering sehingga dijuluki sebagai mangga pelem cengkir karena bentuknya yang bulat lonjong dengan kulit yang lebih tebal. Selain teksturnya yang kering, Mangga Indramayu memiliki keunikan dari segi aroma yang cukup menyengat dan daging buah yang sedikit berair serta berserat.

Mangga Lalijiwo

Selain terkenal dengan buah anggurnya, Kota Probolinggo juga terkenal dengan mangganya, lho. Salah satu mangga yang berasal dari Kota Probolinggo yaitu mangga lalijiwo. Jenis buah mangga lalijiwo berbentuk bulat dan aromanya pun berubah-ubah sesuai dengan kematangan buahnya. Jika masih mentah, mangga lalijiwo beraroma harum dan akan semakin harum apabila sudah matang. 

Dinamakan mangga lalijiwo karena mangga ini konon menggoda siapapun untuk memakannya hingga tidak sadar akan dirinya sendiri. Lalijiwo dalam Bahasa Jawa berarti lupa dengan diri sendiri/lupa dengan jiwa. Wah, nama mangganya sesuai banget dengan maknanya!

Mangga Garifta

Kota Pasuruan menjadi tempat asal mangga garifta. Jangan salah, meskipun namanya terdengar seperti mangga produk asing, mangga garifta menjadi produk unggulan para petani lokal lho. Mangga garifta merupakan hasil persilangan dari beberapa mangga lokal yang berkualitas. Hasilnya, mangga garifta memiliki kulit berwarna gradasi kuning-hijau dan buahnya berbentuk lonjong. Ciri khas buah ini terletak pada rasanya yang manis dan menyegarkan jika dimakan. Tekstur buahnya lunak, berserat, dan harum sehingga sangat mudah dinikmati serta memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Jenis Mangga Internasional

Selain mangga lokal yang harganya murah meriah, ada juga jenis mangga internasional dengan keunikan dan harga yang luar biasa tinggi. 

Mangga Miyazaki

Kira-kira ada gak ya mangga yang harganya fantastis? Bagi yang belum tahu, saatnya kenalan dengan mangga miyazaki. Mangga miyazaki termasuk salah satu mangga yang dibanderol tinggi dari seluruh jenis mangga di dunia. Harga mangga miyazaki tergolong paling mahal karena proses dan teknik budidayanya yang rumit. Ingin tahu harganya berapa? Di Jepang, mangga miyazaki dibanderol hingga Rp 63 juta, lho! Kalau di Indonesia, dengan uang itu sudah bisa beli 2 motor listrik, nih.

Mangga Saigon

Saigon merupakan salah satu kota di Vietnam dan menjadi asal mangga saigon. Mangga saigon sangat terkenal karena sering disilangkan dengan jenis mangga lainnya. Persilangan menggunakan mangga saigon didasari oleh kualitas buah mangga saigon yang dikenal sulit terkena penyakit. Bentuk mangga saigon lebih bulat dibandingkan dengan jenis mangga lainnya dan daging buahnya tebal. Meskipun kualitasnya termasuk yang terbaik, mangga saigon tidak memiliki aroma yang khas untuk menarik perhatian orang.

Mangga Yuwen

Taiwan terkenal dengan minuman teh boba yang mendunia. Siapa sangka Taiwan juga memiliki mangga yang dikembangkan dari laboratorium? Jenis buah mangga baru di Taiwan dinamai dengan mangga yuwen. Mangga yuwes belum banyak dibudidayakan sehingga harganya pun tergolong sangat mahal. Mangga yuwen memiliki kelebihan dari warna kulit berwarna merah, daging buah yang manis sedikit asam, dan ukuran biji yang kecil. 

Dari semua jenis mangga di atas, mana nih yang sudah kamu coba? Yuk, konsumsi lebih banyak mangga lokal! Tapi sebelum konsumsi mangga lokal, sebaiknya Kenali 7 Jenis Mangga yang Populer di Indonesia. Jangan lewatkan informasi seputar agrikultur lainnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.