Diterbitkan 25 Sep 2023

Kegunaan dan Anjuran Dosis Pupuk Boron bagi Tanaman

Agri Edu
Dosis pupuk boron

Boron (B) menjadi salah satu unsur hara yang penting bagi tanaman. Unsur hara ini termasuk unsur hara mikro yang ketersediaannya di tanah hanya 0,5 hingga 2,5 persen saja. Melihat fakta ini, maka penggunaan pupuk Boron sangat dianjurkan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal.

Pupuk Boron mengandung unsur Boron yang berguna untuk membantu tumbuh kembang tanaman. Mulai dari perkembangan akar, bunga, buah, hingga biji. Lebih jelasnya, berikut adalah informasi terkait fungsi unsur Boron bagi tanaman.

Fungsi Pupuk Boron bagi Tanaman

Unsur Boron memiliki fungsi yang sangat penting bagi tanaman. Berikut adalah beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui.

  • Membantu menstimulasi pertumbuhan tanaman di bagian ujung dan anak daun.
  • Mendukung kesehatan akar tanaman, perkecambahan biji, hingga keberhasilan tanaman dalam pembentukan bunga.
  • Membantu proses pembentukan karbohidrat dan protein melalui fotosintesis.
  • Meningkatkan aktivitas dari berbagai jenis mikroorganisme yang berada di tanah media tumbuh tanaman.
  • Ketersediaan unsur Boron dalam konsentrasi yang tepat dapat menjaga kondisi kesehatan tanah, air, dan menjaga tanaman dari zat berbahaya.

Kegunaan Pupuk Boron

Pupuk Boron banyak digunakan oleh tanaman yang membutuhkan kandungan Boron tinggi, seperti tanaman perkebunan, sayuran, dan buah-buahan. Misalnya adalah kelapa sawit, tebu, kubis, tomat, jagung, dan kentang. Adapun kegunaan pupuk Boron adalah sebagai berikut.

Sumber: Istock
  • Menyediakan asupan unsur Boron yang siap diserap tanaman, yaitu B2O3 hingga sekitar 47%.
  • Menjaga tanah, air permukaan, dan air tanah dari kontaminasi zat berbahaya karena pupuk Boron telah dimurnikan dari bahan pengotor seperti Cd, Pb, dan Hg.
  • Mengoptimalkan populasi serta  memaksimalkan aktivitas yang dilakukan oleh mikroorganisme dalam tanah.
  • Meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman dan meningkatkan mutu hasil tanaman.

Walau memiliki banyak manfaat, penggunaan pupuk Boron harus disesuaikan dengan jenis tanamannya. Pemberian pupuk ini juga harus tepat, tidak boleh terlalu sedikit ataupun terlalu tinggi karena kondisi kekurangan atau kelebihan unsur ini harus menjadi racun dan merusak tanaman itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Boron

Kekurangan dan kelebihan unsur Boron akan menyebabkan kendala pada tanaman. Kekurangan unsur ini akan menyebabkan pertumbuhan pucuk-pucuk tanaman berhenti dan mati. Selain itu, daun yang masih muda akan berwarna hijau pucat dan bagian akar tidak dapat tumbuh secara normal.

Tanaman yang kekurangan unsur Boron juga memiliki batang yang kaku. Buah, ubi dan akar tanaman bahkan bisa berubah menjadi busuk keropos (heart rol). Jika kondisi kekurangan unsur ini sudah sangat parah, tanaman akan mengalami gagal berbuah. 

Di sisi lain, kelebihan unsur Boron juga akan menyebabkan tanaman keracunan. Selain itu, tanaman juga bisa mengalami depresi fisiologis dan kerusakan pada protoplasma. Kerusakan akibat kelebihan unsur ini bergantung pada seberapa besar jumlah unsur Boron, jenis tanah, tipe tanah, dan varietas tanaman.

Dosis Anjuran Penggunaan Pupuk Boron

Dari penjelasan di poin sebelumnya, dapat diketahui bahwa kelebihan dan kekurangan unsur Boron sama-sama menyebabkan kendala pada pertumbuhan tanaman. Hal ini karena Boron merupakan unsur hara yang berfungsi sebagai aktivator dan inaktivator hormon auksin dalam pembelahan dan pembesaran sel. Dengan begitu, pemberian pupuk ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus sesuai dengan varietas yang ditanam serta ketersediaan unsur di media tanam.

Adapun anjuran dosis pemberian pupuk Boron pada beberapa tanaman, yaitu:

  • Kelapa sawit: 10-15 kg/ha
  • Jagung: 4-6 kg/ha
  • Tembakau: 4-5 kg/ha
  • Padi: 5-8 kg/ha
  • Cabai dan tomat: 8-10 kg/ha
  • Kapas: 8-10 kg/ha
  • Kakao: 10-15 kg/ha
  • Palawija: 5-8 kg/ha

Boron akan diserap tanaman dalam bentuk H3BO3. Setelah mengetahui dosisnya, kamu bisa memberikan pupuk Boron dengan berbagai cara. Mulai dari disemprotkan ke daun, melalui permukaan tanah, fertigasi, dan perlakuan benih.

Demikian informasi seputar pupuk Boron beserta kegunaan dan anjuran dosisnya. Baca juga artikel Simak Nutrisi Tanaman Agar Tumbuh Dengan Maksimal di website Gokomodo untuk mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk bisa tumbuh dengan subur. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin