Diterbitkan 24 May 2024

Kekurangan Unsur NPK Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman. Koq Bisa?

Infografik
Unsur NPK

Dalam budidaya tanaman, unsur hara makro seperti Nitrogen (N), Phospor (P), dan Kalium (K) sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu, kekurangan unsur hara tersebut tentu saja akan mengakibatkan berbagai masalah pertumbuhan, bahkan dapat menyebabkan kematian – Mengenal Pupuk NPK dan Berbagai Jenisnya.

Sumber: iStock

Kekurangan unsur hara atau defisiensi unsur hara merupakan kondisi dimana tanaman kekurangan unsur hara penting, baik satu atau lebih, yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dalam jumlah yang cukup. Dengan demikian, penting untuk mengetahui gejala apa saja yang akan muncul apabila tanaman kekurangan unsur NPK tersebut.

Nitrogen (N)

Nitrogen merupakan unsur hara makro yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman. Unsur ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman secara keseluruhan, khususnya pertumbuhan akar, batang dan daun. Selain itu, Nitrogen juga berperan dalam pembentukan protein, lemak, hingga zat hijau daun (klorofil) yang sangat penting untuk proses fotosintesis.

Adapun gejala kekurangan Nitrogen, antara lain:

  • Pertumbuhan tanaman tidak sehat dan kecil.
  • Daun berukuran kecil dan pucat, bahkan menguning atau klorosis.
  • Daun bagian bawah tampak seperti terbakar dan mati sebelum waktunya, sementara daun bagian atas tetap hijau.

Phospor (P)

Berikutnya adalah unsur Phospor yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, terutama akar benih dan tanaman muda. Unsur ini juga berperan sebagai bahan mentah untuk pembentukan sejumlah protein tertentu, serta mempercepat pembungaan hingga pemasakan biji dan buah. Lebih lanjut, unsur P juga membantu proses asimilasi dan pernapasan tanaman.

Kekurangan unsur Phospor memiliki gejala sebagai berikut: 

  • Pertumbuhan tanaman akan menurun, sehingga tanaman tetap kecil.
  • Tanaman akan lambat dalam penuaan, sehingga tetap hijau.
  • Daun akan berwarna hijau pucat, ungu, atau coklat muda pada bagian tepi atau ujungnya.
  • Jika mengandung Nitrogen dalam jumlah tinggi, daun muda akan berubah menjadi hijau tua dan biru.

Kalium (K)

Unsur hara Kalium memiliki fungsi untuk membantu pembentukan protein dan karbohidrat, serta memperkuat tanaman sehingga daun, bunga, dan buah tidak mudah rontok. Tidak hanya itu, Kalium juga menjadi salah satu sumber daya tahan tanaman sehingga mampu bertahan terhadap kekeringan dan penyakit.

Bila tanaman kekurangan unsur Kalium, ini adalah gejalanya:

  • Tepi daun, terutama bagian bawah, akan berwarna kuning atau kemerahan. Selanjutnya secara bertahap seluruh daun akan layu dan mati. 
  • Pertumbuhan berkurang, sehingga tanaman akan menjadi kecil.
  • Pembentukan akar buruk sehingga tanaman mudah runtuh, terutama jika kelembapan berlebih.
  • Tanaman menjadi lebih rentan terhadap hama dan penyakit.

Kekurangan unsur hara makro tentu sangat berbahaya bagi tanaman. Untuk itu, kamu harus mempelajari dengan baik bagaimana pemupukan berimbang dengan prinsip 5T. Nah, jika kamu membutuhkan produk pupuk NPK berkualitas dengan harga terjangkau, GokoMart adalah solusinya. Nikmati belanja berbagai produk pertanian bersama kami dan dapatkan keuntungan yang semakin melimpah. 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.