Diterbitkan 25 Jan 2024

Mengenal Pupuk NPK dan Berbagai Jenisnya

Agri Edu
Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan pupuk yang mengandung unsur hara Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K). Pupuk ini juga biasanya ditambahkan dengan unsur hara mikro lain, seperti Boron (B), Besi (Fe), Klor (Cl), Mangan (Mn), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S), dan Seng (Zn) sesuai dengan kebutuhan setiap tanaman.

Ada banyak jenis NPK yang beredar di pasaran. Mulai dari pupuk yang hanya mengandung unsur N, P, dan K murni, hingga pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K dengan tambahan unsur hara mikro lain. Nah, kali ini Gokomodo akan membahas mengenai jenis-jenis pupuk NPK yang ada beserta merk yang sering ditemui di pasaran.

1. Pupuk NPK 16-16-16

Pupuk NPK 16-16-16 merupakan pupuk yang terdiri dari 16% N, 16% P, dan 16% K. Di pasaran, ditemukan setidaknya 3 merk NPK 16-16-16 yang terkenal, seperti Mutiara, Pelangi, dan Pak Tani – Ketahui Hal Penting Mengenai Pupuk NPK 16-16-16

Sebagai contoh adalah NPK Mutiara 16-16-16, yakni pupuk yang banyak digunakan untuk tanaman hias karena dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Pupuk ini mengandung 16% Nitrogen, 16% Fosfat, 16% K2O atau Kalium, 6% CaO atau Kalsium, dan 0,5% MgO atau Magnesium. 

2. Pupuk NPK 15-15-15

Hampir sama dengan jenis sebelumnya, NPK 15-15-15 juga mengandung unsur hara N, P, dan K, hanya saja kadar masing-masing hanya 15%. Di pasaran, kamu akan menemukan merk terkenal seperti NPK Basf, NPK Ria Plus, dan NPK Phonska.

Sebagai contoh pupuk NPK Phonska yang terdiri dari 2 jenis, yaitu reguler dan plus. Keduanya dibedakan oleh kandungan mikro tambahan berupa Seng (Zn) pada NPK Phonska Plus 15-15-15 serta warna butiran granul. Jenis reguler memiliki warna butiran merah, sedangkan jenis plus memiliki butiran warna putih. 

Sumber: iStock

Adapun fungsi dari NPK Phonska secara keseluruhan, antara lain meningkatkan daya taham tanaman terhadap kekurangan air, membantu pertumbuhan bunga dan buah lebih banyak, serta meminimalisir tanaman dari risiko serangan hama dan penyakit. Selain itu, NPK Phonska juga digunakan untuk memperbesar ukuran umbi, buah, maupun biji.

3. NPK 12-12-17-2 

Berikutnya ada NPK Pak Tani 12-12-17-2 yang merupakan merk terkenal dari NPK 12-12-17-2. Pupuk ini termasuk pupuk majemuk yang memiliki unsur hara seimbang, yaitu 12% Nitrogen (N), 12% Phosphate (P2O5), 17% Potassium Oxide (K2O), serta 2% Magnesium Oxide (MgO).

Jenis pupuk ini memiliki bentuk granular yang mudah larut air. Hal ini membuat NPK Pak Tani 12-12-17-2 dapat diaplikasikan dengan cara ditabur, ditugal maupun dikocorkan. Lebih lanjut, pupuk ini juga bisa dijadikan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan.

4. Pupuk NPK 13-6-27-4

Berikutnya ada pupuk NPK Pusri 13-6-27-4+0,65B yang terkenal di pasaran. Selain mengandung Nitrogen, Fosfor, dan Kalium, pupuk ini juga dilengkapi dengan kandungan Magnesium dan Boron. Dengan bentuk granul berwarna coklat kemerahan, pupuk ini dapat diaplikaskan dengan cara ditabur maupun ditugal di sekitar tanaman.

Adapun fungsi dari pupuk NPK Pusri 13-6-27-4+0,65B adalah memacu pertumbuhan zat hijau daun, mengoptimalkan pertumbuhan tinggi tanaman, serta perbanyakan daun dan pertumbuhan akar. Selain itu, pupuk ini juga mampu meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah dan meningkatkan kandungan protein di dalam tanaman.

5. Pupuk NPK 15-15-6+4

Jenis lainnya adalah NPK Kebomas 15-15-6+4Mg yang memiliki kandungan berupa 15% Nitrogen (N), 15% Fosfat (P2O5), 6% Kalium (K2O), dan 4% Magnesium (Mg). Hampir sama dengan pupuk lainnya, jenis pupuk ini juga memiliki bentuk granul. 

Pupuk ini memiliki fungsi untuk memacu pertumbuhan akar serta membantu pembentukan sistem perakaran yang baik. Selain itu, pupuk ini juga membuat tanaman menjadi lebih hijau, meningkatkan mutu benih maupun bibit, serta meningkatkan daya tahan terhadap serangan hama penyakit dan kekeringan.

Selain berbagai merk pupuk yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan pupuk NPK dari Gokomodo yang akan segera rilis di tahun 2024 ini. Penasaran seperi apa? Kunjungi website kami secara berkala untuk mendapatkan update informasinya! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.