Diterbitkan 19 Jul 2024

Kelapa Sawit Unggul Dimulai Dari Benih Unggul Loh! Bagaimana Caranya?

Infografik
Benih Unggul

Benih kelapa sawit unggul sudah pasti asli yang dikeluarkan oleh Menteri Pertanian, biasanya varietas unggul terdiri dari persilangan kelapa sawit dura dan pisifera. Benih kelapa sawit yang diisukan Menteri Pertanian sudah memiliki sertifikasi dan jaminan kemurnian genetiknya. Selain benih yang tersertifikasi, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang benih kelapa sawit unggul.

Kelapa Sawit Unggul Hasil dari Benih Unggul Pula

Kualitas benih memengaruhi hasil panen dikemudian hari. Unggulnya minyak kelapa sawit asal Indonesia yang banyak digemari di berbagai penjuru dunia tidak lepas dari penggunaan benih unggul. Nih, Gokomodo spill benih kelapa sawit unggul!

Bentuk Tunas

Benih kelapa sawit yang unggul memiliki tunas yang mudah dikenali. Tunas kelapa sawit bermutu memiliki mata tunas normal dengan warna putih bersih. 

Bentuk Daun

Tunas berkembang ke atas membentuk batang dan daun serta tumbuh ke bawah membentuk akar. Saat memilih benih berkualitas, hal lain yang dapat dilihat yaitu daun pada benih kelapa sawit. Daun pada tunas, atau disebut dengan anak daun, berbentuk lebar, tidak menggulung, dan tidak kusut. 

Tempurung Benih Sawit

Sumber: Informasi BKS-PPS

Benih kelapa sawit unggul juga memiliki khasnya sendiri. Sebaiknya pilih tempurung yang  berwarna hitam pekat tanpa retakan atau kerusakan lainnya. Tempurung yang retak menandakan isinya dalam kondisi yang tidak baik. Tumbuhnya jamur pada tempurung kelapa membuat benih tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Batang Bawah Benih

Pertumbuhan batang bawah merupakan kelanjutan dari perkembangan benih kelapa sawit. Benih kelapa sawit berkualitas memiliki batang bawah berukuran pendek dan gemuk. Seiring berjalannya waktu, kondisi tanaman kelapa sawit akan tetap kokoh.

Bentuk Benih

Benih kelapa sawit unggul berbentuk lonjong atau bulat tanpa adanya cekungan maupun kecacatan lainnya. Jadi, jangan dipilih apabila bentuknya tidak sempurna, ya. 

Waspada Benih Sawit Ilegal Bisa Menghambat Produksi Kelapa Sawit Unggul

Eits, tidak hanya ciri fisik benih saja yang perlu dipelajari. Ada banyak hal yang perlu kamu tahu dan masih relevan dengan kelapa sawit unggul. Salah satunya tentang maraknya benih sawit ilegal. 

Sumber: Agribisnis

Tidak menutup kemungkinan masih ditemukan benih kelapa sawit ilegal di Indonesia. Penggunaan bibit sawit ilegal bisa menyebabkan kelapa sawit yang dihasilkan bukan kualitas unggulan. Tenang saja, kamu dapat menghindarinya dengan:

  • Menghindari benih dari persilangan kelapa sawit jenis tenera dan dura.
  • Tidak ada informasi yang jelas tentang induk pohon kelapa sawit.
  • Perkecambahan dilakukan secara alami dan tidak sesuai dengan standar.
  • Memperoleh benih kelapa sawit unggul dari tempat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dengan bukti SP2B-KS (Surat Persetujuan penyaluran Benih Kelapa Sawit) yang diterbitkan oleh Ditjen Perkebunan atau Dinas Perkebunan di masing-masing wilayah otonomi daerah. Bisa saja membeli benih kelapa sawit unggul dari penangkar bibit legal yang sudah mempunyai TRUP (Tanda Regristasi Usaha Pembenihan) dan sudah disertifikasi UPTD Pembenihan Tanaman Perkebunan. 

Jangan mudah percaya dengan benih kelapa sawit yang dijual sembarangan di toko online. Apabila kamu masih nekat membeli benih kelapa sawit dengan cara yang mudah, akan banyak masalah yang menghambat produksi kelapa sawit unggul, seperti:

  • Hasil produksi yang rendah berupa 25% TBS dengan rendemen CPO maksimal 18%.
  • Mendapat sanksi hukum karena melanggar UU No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman dan UU No. 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman.
  • Merusak mesin pengolah rendemen CPO hingga menurunkan tingkatan produksi CPO nasional. 

Masih mau menganggap sepele tentang benih kelapa sawit? Sebaiknya kamu juga baca Budidaya Kelapa Sawit: Simak Cara Pembibitan Sesiao dengan Standar Panduan, Yuk! biar makin paham tentang detail budidaya kelapa sawit. Masih banyak artikel lain tentang pertanian, terutama tentang kelapa sawit yang ada di blog Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin