Diterbitkan 30 Aug 2023

Ketahui Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit Sehat

Agri Edu
kelapa sawit sehat

Saat memutuskan berbisnis di industri kelapa sawit, kamu tidak cukup hanya mengetahui bagaimana cara menjual minyak sawit ke konsumen saja. Kamu juga perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri tanaman kelapa sawit dengan baik dan menjelaskan bagaimana ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat. 

Pengetahuan ini sangat penting karena kamu bisa memantau kondisi kebun secara menyeluruh. Dengan mengetahui sehat tidaknya pohon sawit di perkebunan, kamu juga bisa memutuskan langkah pengendalian apa yang harus diambil apabila terjadi masalah. 

Ciri-ciri Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan tanaman berbentuk pohon yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 24 meter. Tanaman ini memiliki buah berukuran kecil dengan warna merah kehitaman yang mengandung minyak. Buah itulah yang nantinya diolah menjadi minyak kelapa sawit.

1. Akar

Tanaman kelapa sawit memiliki jenis akar serabut yang tumbuh ke arah samping dan ke bawah tanah. Tanaman ini juga memiliki akar-akar nafas yang secara ukun tumbuh di bagian samping pohon untuk memperoleh tambahan aerasi.

2. Batang

Dari segi batang, tanaman kelapa sawit memiliki batang besar yang biasanya diselimuti bekas pelepah hingga usia 12 tahun. Jika pelepah yang kering sudah terlepas, batang kelapa sawit akan mirip dengan tanaman kelapa pada umumnya.   

3. Bunga

Kelapa sawit memiliki bunga jantan dan bunga betina yang berbeda tempat, sehingga waktu pematangan keduanya akan berbeda. Bunga jantan berbentuk lancip dan panjang, sementara bunga betina berbentuk mekar dan berukuran lebih besar.

4. Buah

Buah kelapa sawit berukuran kecil dan terletak bergerombol di tandan buah. Warna buahnya sangat bervariasi, seperti hitam, merah, hingga ungu. Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh perbedaan tingkat kematangan dan pemilihan bibit kelapa sawit.

sumber: https://riausky.com/

Ada tiga lapisan pada buah sawit yang perlu kamu ketahui.

  1. Eksokarp, yaitu bagian kulit buah terluar yang umumnya berwarna kemerahan dengan tekstur licin.
  2. Mesokarp, yaitu serabut yang menyelimuti cangkang buah.
  3. Endokarp, yaitu cangkang yang melindungi inti buah sawit atau endosperm dan embrio.

Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit Sehat

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri tanaman kelapa sawit secara umum, selanjutnya kamu akan belajar mengenai ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat. Berikut adalah penjelasannya.

1. Memiliki Daun Mengkilap

Ciri fisik yang dapat menjadi penanda tanaman kelapa sawit dalam kondisi sehat adalah seluruh daun berwarna hijau mengkilap. Kamu tidak akan menemukan warna kusam, bercak-bercak kuning, atau keberadaan zat lain di permukaan daun-daun tersebut.

2. Selalu Muncul Pucuk Pelepah Setiap Bulan

Ciri lainnya adalah munculnya pucuk pelepah setiap bulan sekali. Hal ini bisa menjadi tanda karena tahap ini merupakan tahap yang terjadi secara berkala. Dengan demikian, jika tidak ada pelepah yang muncul, maka diperkirakan ada gangguan pada tanaman.

Selain itu, pelepah akan lebih baik apabila daun muda yang keluar lebih besar ukurannya daripada daun tua dan tidak mengalami daun tombak. Ukuran daun muda yang keluar harus diperhatikan karena jika terjadi kesalahan, maka tandanya ada masalah pada tanaman. 

3. Diameter Batang Terlihat Sama

Ciri berikutnya adalah penampilan batang dari atas ke bawah yang harus simetris dan diameternya tidak berubah dari pangkal hingga ujung paling tinggi. Batang yang bergelombang, lebih kecil di bagian atas atau bawahnya, bahkan berbentuk seperti botol menandakan tanaman tidak tumbuh dengan baik. 

4. Panjang dan Lebar Pelepah Normal 

Pelepah tanaman kelapa sawit seringkali dijadikan ciri fisik tanaman yang sehat. Jika ukuran panjang dan lebarnya biasa tanpa ada pengecilan, maka tanaman kelapa sawit dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak kekurangan nutrisi.  

5. Pembentukan Bunga dan Buah Antara 12-24 Janjang per Tahun

Pembungaan dan pembuahan tanaman kelapa sawit yang sehat adalah antara 12-24 janjang per tahun. Apabila kurang dari jumlah tersebut, maka dapat dipastikan tanaman kelapa sawit memiliki masalah kesuburan. Pembentukan bunga juga harus diperhatikan dengan baik karena kesehatan tanaman juga tergantung dari ciri fisik ini. 

6. Bebas dari Serangan Penyakit

Ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat tentunya bebas dari serangan hama dan penyakit tanaman – Ini Dia Penyakit Pucuk Busuk yang Menyerang Tanaman Kelapa Sawit. Perhatikan kebersihan di sekitar tempat tumbuh kelapa sawit sambil tetap memberikan nutrisi melalui pupuk organik yang cukup.

Itu dia ciri-ciri tanaman kelapa sawit secara umum dan ciri fisik tanaman yang sehat. Selalu perhatikan kondisi tanaman dan lingkungan secara berkala untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil apabila terjadi masalah. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin