Diterbitkan 31 Jul 2023

Ketahui Hasil Olahan Karet Yang Terkenal

Agri Edu
olahan karet

Tanaman karet merupakan tanaman yang terkenal diambil getah pada batangnya. Semua hasil olahan karet ini diambil melalui proses penyadapan. Cara penyadapan yaitu mengikis kulit batang tanaman karet dengan kedalaman tertentu dengan peralatan khusus penyadapan.

Hasil lateks karet yang diperoleh sangat dipengaruhi oleh penanganannya mulai dari proses penyadapan hingga proses pengolahannya. hasil panen yang baik akan mempengaruhi kualitas dan harga yang didapatkan. Berikut ini jenis bahan olahan karet yang terkenal, di antaranya.

Pertama. Lateks

Hasil olahan yang pertama adalah lateks kebun karet. Lateks adalah getah yang muncul melukai permukaan kulit tanaman karet. Lateks memiliki wujud berupa cairan berwarna putih dan baunya segar. Komposisi yang ada di lateks kebun meliputi partikel karet dan bahan karet.

Proses panen lateks kebun mulai dari pohon sampai ke pengangkutannya wajib dilaksanakan dengan baik sesuai standar yang berlaku. Peralatan yang digunakan harus dipastikan dalam kondisi bersih dan steril. Jangan lupa lateks perlu dicampurkan bahan pengawet yang sesuai dengan jenis produk olahan yang akan dihasilkan.

Kedua. Lump

Hasil yang kedua adalah lump yang merupakan gumpalan karet yang masih tertinggal di dalam mangkuk sadap atau wadah penampung. Lump ini dapat diproses dengan menggumpalkannya menggunakan asam semut atau bahan penggumpal alami lainnya. Cara mudah untuk menambahkan bahan penggumpal, kamu bisa memanfaatkan labu semprot atau botol air baterai.

Penambahan bahan penggumpal perlu waktu khusus, yaitu dilakukan setelah lateks benar-benar berhenti menetes dari bidang sadap. Sedangkan untuk waktu pengutipannya sebaiknya dilaksanakan pada sore hari atau ketika akan menderas lagi. Semua lump mangkuk yang sudah berhasil dikumpulkan akan disimpan di atas rak-rak kayu supaya kadar air di dalamnya bisa menetes sehingga kemurniannya pun dapat terjaga.

Ketiga. Slab

Hasil olahan ketiga adalah slab yang merupakan gumpalan yang berasal dari lateks kebun yang sengaja digumpalkan. Proses pembuatannya dimulai dengan mengutip dan mengumpulkan lateks kebun untuk selanjutnya digumpalkan memakai bahan penggumpal dengan dosis seperti pada pembuatan lump. Bentuk slab yang dihasilkan dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran wadah pencetaknya. Slab juga wajib dijaga kebersihannya agar kualitasnya tidak menurun akibat tercemar oleh kotoran.

Nah, ketiga hasil olahan karet diatas adalah hasil yang terkenal dalam tanaman karet. Proses yang panjang dan teliti mempengaruhi kualitas yang dihasilkan. Pantau terus website Gokomodo untuk update seputar budidaya karet. Simak juga artikel satu ini – Fakta Menarik Pohon Karet yang Perlu Kamu Tahu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin