Diterbitkan 30 Jan 2024

Ladang Cerdas Episode 4: Tips Jitu Perbanyak dan Perbesar Panen Buah Dengan Mudah

Tips / Tutorial
Perbanyak dan Perbesar Buah

Tidak bisa dipungkiri, bagi semua pembudidaya tanaman diharapkan dapat menghasilkan panen yang melimpah. Namun, fakta yang terjadi dilapangan banyak sekali buah yang dihasilkan tidak sesuai bahkan cenderung gagal. Proses pemanenan buah dimulai dari menjaga bunga yang muncul, kemudian melakukan perawatan hingga muncul buah dan bisa melakukan panen buah yang optimal.

Pada Ladang Cerdas Episode 4 ini, Gokomodo bersama narasumber pilihan ingin membantu semua pembudidaya tanaman terutama khusus tanaman buah agar dapat menghasilkan panen yang optimal. Narasumber yang berkesempatan menghadiri Ladang Cerdas ialah Dr. Dhika Prita Hapsari, SP., M.Si salah dosen di IPB University. Bu Dhika akan mengupas tuntas tips menginduksi bunga dan memperbesar buah yang benar dan baik. So, bagi semua yang penasaran bisa langsung saja cek video youtube dibawah ini, ya!

Ladang Cerdas. Ep 4

Faktor yang mempengaruhi induksi bunga:

a. Panjang Hari

Panjang hari atau fotoperiode merupakan faktor penting yang menentukan waktu berbunga pada bunga musiman.

b. Kualitas Cahaya

Tumbuhan berbunga dengan merasakan kualitas cahaya melalui pigmen yang disebut fitokrom. Sinar matahari mencakup cahaya merah (panjang gelombang 600-700 nm) dan cahaya merah jauh (panjang gelombang 700-800 nm). Dan tumbuhan sendiri menyerap cahaya merah dan merah jauh.

c. Hormon

Giberelin merupakan sejenis hormon tanaman yang terlibat dalam induksi bunga. Secara umum, mereka mendorong pembungaan pada tanaman hari panjang.

d. Air dan Nutrisi

Tanaman yang kekurangan air dan nutrisi dapat menyebabkan tanaman yang sudah berbunga menjadi rontok bahkan gagal.

Faktor untuk memperbesar buah

a. Mendapatkan penyinaran yang cukup

Karbohidrat (gula) yang merupakan sumber rasa manis yang berbahan baku unsur C, H dan O yang tersedia melimpah di udara dan tanah. Dengan bantuan sinar matahari dan unsur-unsur hara lain (N, P dan K) unsur C, H dan O tersebut dibentuk menjadi tubuh tanaman dari akar hingga ujung daun selama masa pertumbuhan.

 2.  pH tanah yang sesuai

pH tanah yang ideal bagi tanaman untuk dapat menyerap dan memanfaatkan pupuk lewat akar adalah 6-7. Jika pH tanah di bawah 6 usahakan pemberian dolomit / kapur pertanian pada saat pembuatan bedengan.

 3.  Cukupi bahan organik.

Bahan organik bisa diperoleh dari pupuk kandang / kompos, namun kedua bahan tersebut lebih bersifat sebagai pembenah tekstur tanah dan lambat menyediakan bahan-bahan organik.

4.   Cukupi fosfat, kalium dan boron

Pada fase pembentukan buah, unsur terpenting adalah P, K dan B. Hara P berperan sebagai sumber energi tanaman. Unsur K sebagai pengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh tanamaan, mengangkut ion-ion hara C, H dan O sebagai bahan zat gula ke jaringan buah. Unsur B berperan dalam menunjang unsur K dalam penimbunan zat gula dalam jaringan buah. Fase pembentukan buah ini berlangsung cepat sehingga membutuhkan asupan unsur P, K dan B secara cepat, instan.

Nah, itulah gambaran secara singkat cara menginduksi bunga dan memperbesar buah dengan baik. Pantau terus Ladang Cerdas episode selanjutnya agar kamu bisa mendapatkan wawasan yang banyak hanya di website Gokomodo! – Ladang Cerdas 3: Kelapa Sawit Adalah Primadona Perkebunan di Indonesia

whatsapp
twitter
facebook
linkedin