Diterbitkan 22 May 2024

Lagi Cari Buah? Coba Cek Manfaat Segudang Buah Melon Yang ini

Lifestyle
Manfaat Buah Melon

Melon (Cucumis melo) merupakan buah yang termasuk ke dalam suku ke timun-timunan dan masih bersaudara dengan semangka. Di negara tropis seperti di Indonesia, buah melon memiliki banyak penggemar. Budidaya melon di Indonesia sudah ada sejak tahun 1980-an dan mulai banyak dibudidayakan di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. 

Sumber: The Fresh Vapor

Ada banyak jenis buah melon di Indonesia. Setidaknya terdapat Buah Melon dengan daging buah berwarna orange, putih, dan hijau dengan kulit buah berwarna hijau atau kuning. Selain rasanya yang manis dan segar, kandungan air di dalam buah melon juga banyak sehingga menyegarkan ketika dikonsumsi.

Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah melon memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Dalam 100 gram melon mengandung: 

  • Kalori: 36.
  • Protein: 0,5 gram.
  • Lemak:  0,15 gram.
  • Karbohidrat: 9 gram.
  • Serat: 9 gram.
  • Dan dilengkapi dengan mikronutrisi lainnya. 

Kandungan gizi tersebut sangat baik untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi Buah Melon?

Mencegah Kekurangan Cairan

Kekurangan cairan jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan sakit kepala, panas dalam, penurunan frekuensi buang air kecil, bahkan kelelahan. Untuk mengatasi kekurangan cairan pada tubuh, mengkonsumsi buah melon menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, buah melon mengandung 90% air yang dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh. 

Membantu Memenuhi Gizi Ibu Hamil

Ibu  hamil tidak hanya memerlukan makronutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Tetapi mikronutrisi seperti vitamin dan mineral juga harus terpenuhi. Buah melon yang mengandung banyak mikronutrisi dapat membantu memenuhi gizi ibu hamil. Selain itu, kandungan air yang sangat banyak membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi pada ibu hamil. 

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu penyebab naiknya tekanan darah yaitu konsumsi makanan yang berlebihan dan kurang mengkonsumsi buah dan sayuran. Kandungan kalium dalam Buah melon ternyata bisa menurunkan dan menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Tak hanya itu saja, kabar baik untuk penderita anemia, buah melon juga bermanfaat untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh. 

Menjaga Kesehatan Tulang

Mikronutrisi pada buah melon seperti folat, vitamin K, dan magnesium ternyata dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Folat berperan sebagai pemecah homosistein untuk mencegah penurunan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Menyehatkan Mata

Vitamin A atau antioksidan terkenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata. Pada buah melon, terdapat dua antioksidan yaitu  lutein dan zaexanthin. Keduanya bekerja untuk menjaga kesehatan mata dan mecegah kehilangan pengelihatan.

Menjaga Saluran Cerna Tetap Sehat

Menurut jurnal Food Research International, buah melon dapat berperan untuk menjaga kesehatan pada saluran cerna. Tak hanya dagingnya, kulit buah melon juga berpotensi menjadi antioksidan dan prebiotik. Hal ini tidak lepas dari peran senyawa fenolik dan produksi asam lemak yang menjaga saluran cerna juga.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Buah melon kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit dan rambut. Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan seluruh jaringan pada tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sedangkan vitamin C berperan untuk memproduksi kolagen yang memberikan struktur pada sel, kulit, dan rambut. 

Meskipun baik untuk kesehatan, konsumsi buah melon sebaiknya tidak berlebihan. Terlalu banyak makan buah melon akan memicu gangguan pencernaan seperti, kembung, mual, dan diare. Kamu juga dapat berbudidaya buah melon di rumah dengan 7 Cara Mudah Budidaya Melon Untung Besar. Simak artikel lain seputar budidaya tanaman hortikultura di blog Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin