Diterbitkan 5 Jun 2023

Mau Budidaya Tanaman di Rumah? Ini Caranya!

Tips / Tutorial
budidaya tanaman

Banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan dirumah, salah satunya yaitu budidaya tanaman di rumah. kegiatan ini banyak digemari oleh banyak orang sejak menghabiskan banyak waktu di rumah. Apakah kamu bagaimana cara melakukan aktivitas yang satu ini dengan baik dan benar? Berikut Gokomodo beri tips budidaya tanaman di rumah yang bisa diterapkan.

Cara budidaya tanaman di rumah:

a. Mulai dari tanaman yang kecil

Awal yang baik memulai hobi budidaya tanaman, kamu bisa memulai dengan cukup menanam satu jenis tanaman di dalam satu pot saja. Kamu bisa meletakkan di dekat pintu belakang atau salah satu jendela rumah agar bisa melihat dan merawatnya dengan mudah. Jika sudah berhasil, barulah kamu bisa menambahkan jumlah tanaman yang ingin ditanam.

b. Sediakan pupuk kompos untuk tanaman

Salah satu hal yang penting dari budidaya tanaman adalah menyediakan materi organik untuk tanaman, sediakan pupuk kompos untuk tanaman. Pupuk kompos bisa dibuat dari sisa-sisa makanan rumah tangga. Kamu juga bisa menggunakan pupuk kimia yang bisa dibeli melalui di Toko Mitra Gokomodo ataupun GokoMitra terdekat.

c. Letakkan di tempat yang tepat

Tanaman membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis. Agar lebih mudah letakkan tanaman di wadah atau pot yang bisa dengan mudah dipindahkan. Dengan begitu, kamu bisa memindahkannya dengan mudah sesuai yang kamu mau.

d. Rajin menyiram tanaman

Merawat tanaman, perlu menyirami tanaman secara teratur dan pastikan kebutuhan air tanaman tercukupi. Penyiraman air bisa dilakukan pada area tanah dekat batang tanaman. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman dapat dilakukan 2-3x seminggu.

e. Pilih tanaman yang tepat

Apabila kamu baru memulai budidaya tanaman, kamu harus hindari tanaman yang terlalu rumit perawatannya. Kamu bisa memulai dengan menanam tanaman yang mudah perawatannya seperti buah tomat, paprika, bawang putih, dan sebagainya. Di samping itu ada pula tanaman bunga yang juga mudah seperti bunga matahari, bunga dahlia, bunga mawar, bunga petunia dan lain sebagainya.

Selamat mencoba beberapa tips di atas ya, sebenarnya menjalankan hobi bertanam bukan hal yang sulit. Jika kamu penasaran, kamu bisa membaca Ketahui Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman! di website Gokomodo ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.