Diterbitkan 23 Aug 2024

Mau Tahu Tentang Klasifikasi Jenis Buah di Dunia? Yuk, Baca Artikel Ini!

Lifestyle
Jenis Buah

Bila kita berbicara mengenai buah-buahan, tentu jenisnya cukup banyak jenis buah yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Buah yang dihasilkan oleh setiap wilayah sangatlah beragam dan tidak sama satu dengan yang lain. Perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya cuaca, iklim, maupun kondisi habitat. Misalnya saja, jeruk di wilayah tropis berbeda dengan jeruk yang dihasilkan di wilayah subtropis. Dengan semua perbedaan ini, bagaimana cara yang baik untuk mengelompokkannya, ya? Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu bisa baca artikel ini sampai selesai! 

Jenis Buah Berdasarkan Musim Berbuahnya

Sumber: Pexels

Tanaman memiliki musim berbuahnya masing-masing. Melalui indikator ini, maka buah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Buah sepanjang tahun

Dinamakan buah sepanjang tahun bukan berarti buahnya akan berbuah terus menerus, ya. Namun, penggolongan ini dikhususkan untuk buah-buahan yang tersedia sepanjang tahun. Buah ini dihasilkan dari tanaman yang berbuah sepanjang tahun, tidak tergantung musim. Yang termasuk buah sepanjang tahun yaitu pisang, pepaya, jambu, jambu biji, nanas, apel, dan lain lain.

  • Buah semusim / musiman

Menurut Membuat Olahan Buah oleh Ir. Saptoningsih, M.P dan ‎Ir. Ajat Jatnika, M.Sc (2012:10), buah musiman adalah tanaman yang berbuah hanya pada musim-musim tertentu. Perilaku musiman lebih banyak dipengaruhi oleh suhu udara, panjang hari, dan ketersediaan air tanah. Contohnya durian, mangga, duku, rambutan, dan lain sebagainya.

Jenis Buah Berdasarkan Iklim

Sumber: pexels

Klasifikasi buah berdasarkan iklim dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Buah iklim tropis

Iklim tropis memiliki ciri utama suhu yang konsisten hangat sepanjang tahun, kelembaban tinggi, dan curah hujan sering terjadi sepanjang tahun. Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dan tentunya kamu sudah familiar dengan buah-buahan yang sering kamu jumpai tumbuh subur di negara kita, seperti pisang, mangga, kelapa, nanas, pepaya, duku, sawo, salak, dan masih banyak yang lainnya.

  • Buah iklim sedang/subtropis

Pernah dengar negara dengan empat musim? Nah, negara dengan empat musim termasuk ke dalam negara iklim sedang. Buah-buahan yang tumbuh di iklim sedang dapat tetap tumbuh dengan baik meski pada suhu dingin. Pada musim dingin tanaman akan memperlambat proses metabolisme sebagai bentuk bertahan hidup. Kemudian metabolisme akan kembali gencar ketika sudah memasuki musim panas. Buah-buahan yang tumbuh di iklim sedang yaitu anggur, apel, aprikot, persik, plum, ceri, dan berbagai jenis buah beri.

Jenis Buah Berdasarkan Kematangan

Biasanya buah dikonsumsi ketika sudah memasuki tingkat kematangan yang sempurna. Namun, tahukah kamu bahwa buah juga dapat digolongkan sesuai dengan tingkat kematangannya? Kamu baru dengar tentang hal ini? Baca penjelasan selanjutnya, ya.

  • Buah klimaterik

Buah klimaterik adalah buah yang cepat matang dan mudah busuk. Uniknya lagi, meskipun sudah dipanen, buah klimaterik dapat terus matang. Penyebabnya yaitu buah klimaterik menghasilkan gas etilen lebih banyak setelah dipetik. Gas etilen inilah yang berperan untuk mematangkan buah.

Keunikan lainnya terjadi ketika buah klimaterik yang dipetik dalam keadaan belum matang dan didekatkan dengan buah klimaterik lain yang sudah matang, maka buah yang matang akan memicu produksi gas etilen buah yang belum matang. Dengan kata lain, kematangan buah klimaterik akan menular pada buah klimaterik yang belum matang. Buah klimaterik yang sering kamu jumpai adalah apel, mangga, pepaya, kiwi, tomat, pisang, alpukat, jambu, durian, dan masih banyak lagi.

  • Buah non-klimaterik

Jenis ini adalah kebalikan dari buah klimaterik. Buah non-klimaterik merupakan buah yang tidak melanjutkan proses pematangan setelah dipetik. Jika buah klimaterik masih bisa matang setelah dipanen (diambil dari pohonnya). Buah non-klimaterik hanya dapat matang jika dibiarkan menempel pada induknya dan tidak akan matang jika dipetik sebelum waktunya.

Bahkan, buah non-klimaterik yang belum matang tidak akan tertular gas etilen dari buah klimaterik yang sudah matang. Penasaran apa saja yang tergolong dalam buah non-klimaterik? Semua jenis buah beri, jeruk, anggur, nanas, leci, melon, terong, mentimun, kakao, kurma, dan lainnya.Tidak semua buah yang disebutkan pada pembahasan di atas tersedia di Indonesia. Kira-kira buah apa yang sangat ingin kamu coba? Semoga saja kamu ada kesempatan untuk mencoba seluruh buah yang ada di dunia, ya! Berhubung sekarang lagi musim mangga, coba intip artikel 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan dan artikel lainnya yang ada di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin