Diterbitkan 16 Nov 2023

Membasmi Hama dengan Rekomendasi Insektisida Untuk Lalat Buah!

Agri Edu
Insektisida untuk lalat buah

Lalat buah menjadi salah satu musuh terbesar bagi manusia. Ternyata serangannya pun juga merugikan tanaman buah. Jika lalat buah sudah menyerang, prosentase kerugian yang timbul mencapai 100%. Untuk mencegah lalat buah semakin banyak, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan insektisida. Kira-kira, insektisida apa yang cocok untuk lalat buah? Yuk simak artikel berikut ini!

Cari Tahu Tentang Lalat Buah, Yuk!

Sumber : Urban Hidroponik

Lalat buah (Bactocera carambolae) merupakan salah satu seranga yang terkenal menjadi hama utama berbagai jenis buah. Buah yang biasanya diserang oleh lalat buah antara lain belimbing, jambu-jambuan, mangga, nangka, cabai, terong, tomat, dan masih banyak lagi. Hama lalat buah terkenal dengan sulitnya pengendalian menggunakan pestisida sekalipun. Penyebab sulitnya pengendalian hama ini yaitu ketika memasuki fase larva, hama berada di bagian dalam buah sehingga tidak terjangkau oleh pestisida. Jika buah sudah terserang oleh larva lalat, besar kemungkinan akan terjadi gagal panen di kemudian hari. 

Serangan lalat buah dapat diketahui dengan mengamati noda kecil berwarna hitam bekas tusukan ovipositor. Ovopositor ini menjadi tanda lalat betina telah meletakkan telur di dalam lapisan epidermis buah. Ketika fase bertelur sudah tiba, lalat betina mampu melepaskan 100-120 butir dan dalam 2-3 hari kedepan menetas menjadi larva yang menggerogoti bagian dalam buah. Semakin banyak bagian buah yang digerogoti larva lalat buah, semakin cepat pula buah mengalami busuk lebih dini dan rontok.

Bahan Insektisida Ampuh Mengusir Lalat Buah

Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk membasmi serangga yang menggangu keberlangsungan pertumbuhan tanaman. Insektisida dapat bekerja efektif apabila bahan aktif yang digunakan sesuai dengan serangga yang menyerang tanaman tersebut. Lalat buah yang terkenal sulit dibasmi dengan insektisida, namun akan luluh jika diberikan beberapa bahan aktif berikut:

  1. Metomil
  2. Sipermetrin
  3. Deltametrin
  4. Profenofos
  5. Klorpinfos
  6. Kartophidroklorida
  7. Dihemipo

Masih banyak bahan aktif lainnya yang mampu membasmi lalat buah dan lebih mudah didapatkan di Mitra Gokomodo. 

Insektisida Lalat Buah yang Mudah Didapat

Salah satu jenis insektisida yang tepat untuk membasmi lalat buah yaitu insektisida sistemik. Insektisida sistemik bekerja apabila sudah terserap oleh tubuh serangga. Jika masih awam tentang insektisida sistemik, Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Insektisida Sistemik. Inilah rekomendasi insektisida sistemik yang ampuh menyerang gangguan lalat buah

Cyrrotex 75 SP

Insektisida sistemik ini diproduksi oleh PT Multi Sarana Indotani memiliki izin edar RI 01010120031750. Bahan aktifnya mengandung Siromazin 75% dengan sediaan butiran tepung berwarna putih, sehingga mudah diemulsikan dengan air. Insektisida sistemik ini bekerja sebagai racun kontak dan lambung. 

Metha 400 EC

Metha 400 EC merupakan insektisida sistemik hasil produksi PT Sari Kimia Unggul dengan izin edar RI. 01010120062530. Bahan aktif insektisida merek ini adalah Dimetoat 400 gr/liter dengan sediaan cairan pekat berwarna kuning jernih yang dapat dengan mudah diemulsikan dengan air. 

Curacron 500 EC

Produk insektisida sistemik Curacron 500 EC merupakan hasil produksi dari PT Syngenta Indonesia yang sudah memilki izin edar dengan nomor RI. 0101011979381. Bahan aktif insektisida ini adalah profenofos 500 g/liter dengan sediaan cairan pekat berwarna kuning kecoklatan. Sama dengan jenis insektisida sistemik lainnya, insektisida ini bekerja sebagai racun kontak dan perut.

Decis 25 EC

Decis 25 EC adalah insektisida sistemik yang diproduksi oleh PT Bayer Indonesia dengan izin edar RI. 0101011979387. Insektisida ini berbahan aktif deltrametrin 25g/liter. Decis 25 EC tersedia dalam sediaan cairan pekatan berwarna kuning jernih.

Buldok 25 EC

Insektisida merek Buldok 25 EC merupakan hasil produksi dari PT. Bayer Indonesia dan sudah memilki izin edar RI. 0101011990933. Bahan aktif insektisida merek ini adalah beta siflutrin 25 gr/liter. Insektisida Bukdok 25 EC tersedia dalam sediaan cairan pekatan berwarna kuning bening dan mudah diemulsikan dengan air.

Nah, sudah tahu kan bahaya serangan lalat buah dan dampaknya terhadap pertumbuhan tanaman buah? Temukan rekomendasi tentang penanggulangan OPT lainnya dengan membaca artikel di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin