Diterbitkan 17 Jun 2024

Menarik! Begini Khasiat Pupuk Kalsium untuk Pertumbuhan Tanaman

Agri Edu
Pupuk Kalsium

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan tanaman sehingga pemberian pupuk kalsium perlu dilakukan secara berkala. Ada banyak manfaat yang diberikan kalsium untuk tanaman termasuk membantu menjaga stabilitas dan kekuatan tanaman – Bagaimana Manfaat dan Cara Pemberian Pupuk Kalsium untuk Cabai?

Pemberian pupuk kalsium dalam jumlah yang tepat akan membantu pembentukan akar yang kuat dan sehat sehingga penyerapan nutrisi dari tanah menjadi lebih efisien. Selain manfaatnya yang banyak, jenis-jenis pupuk kalsium juga cukup beragam, simak ulasan lengkapnya berikut.

Sumber: iStock

Khasiat Pupuk Kalsium

1. Kalsium sebagai Unsur Pembangun

Sebagai unsur pembangun struktural tanaman, kalsium berperan dalam proses pembentukan dinding sel. Pada tahap tersebut, dinding sel yang terdiri dari selulosa dan pektin memerlukan kalsium untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitasnya. 

Dengan demikian kalsium dapat memastikan struktur tanaman menjadi lebih kokoh sehingga dapat mencegah kerusakan fisik tanaman.

2. Kalsium sebagai Unsur Pengangkut

Kalsium termasuk golongan alkali tanah yang berfungsi untuk menaikkan pH tanah sekaligus mendorong pertumbuhan akar lebih dini. Pertumbuhan akar yang optimal akan membantu tanaman untuk memiliki kemampuan menyerap nutrisi dari tanah menjadi lebih optimal. Pengaturan aliran air dan nutrisi dibantu oleh kalsium menuju seluruh bagian tanaman melalui pembuluh tanaman dengan efisien.

Jenis-jenis Pupuk Kalsium

1. Kalsium Oksida

Pemberian Kalsium Oksida cukup populer di kalangan petani karena pupuk yang satu ini langsung larut dalam air secara instan. CaO mudah diserap daun maupun buah dengan teknik aplikasi yang cukup sederhana seperti dengan menggunakan spray. Penggunaan CaO murni atau dengan kadar tinggi sangat tidak disarankan karena sangat reaktif dan rentan mengakibatkan oversupply Ca.

2. Kalsium Karbonat

Pada bidang pertanian, Kalsium Karbonat kerap disebut sebagai gipsum yang membantu meningkatkan kekuatan dinding sel tanaman dan meningkatkan pH tanah. Kalsium Karbonat dapat diberikan dengan teknik kocor atau tabur pada fase generatif maupun vegetatif. Jika membutuhkan komposisi pupuk yang memiliki pH tidak terlalu asam, maka CaCO3 ini dapat dikombinasikan dengan pupuk kocor lain.

3. Kalsium Sulfat

Penggunaan Kalsium Sulfat biasanya dapat dicampur dengan pupuk dasar lain seperti pupuk kandang, NPK, dan lainnya. Berbeda dengan pupuk kalsium pada umumnya yang dapat menaikkan pH tanah, Kalsium Sulfat justru tidak memberikan fungsi tersebut. Pasalnya, CaSO4 tidak menghasilkan ion hidrogen dan hidroksida ketika dilarutkan. Meski demikian, pemberian pupuk ini tetap bisa memberikan manfaat lain dari kalsium.

4. Kalsium Nitrat

Kalsium Nitrat merupakan kombinasi unsur yang saling melengkapi karena terdiri dari kalsium dan nitrogen. Pupuk ini berperan dalam pembentukan dinding sel tanaman yang kuat dan integritas struktural, sementara nitrogen diperlukan untuk pertumbuhan daun dan pembentukan protein dalam tanaman. Cara pengaplikasiannya juga cukup beragam seperti kocor maupun spray, serta dapat dikombinasikan dengan pupuk lain.

Penggunaan pupuk kalsium tentu saja sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang tanaman. Oleh karena itu, kamu bisa mulai membelinya dari sekarang. Kunjungi GokoMart terdekat untuk mendapatkan pupuk kalsium dengan harga terjangkau dan nikmati berbagai kemudahan berbelanja lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.