Diterbitkan 5 Jan 2024

Mengenal Minyak Sawit Merah dan Manfaatnya

Agri Edu
Mengenal Minyak Sawit Merah

Sebagian besar orang mungkin masih menggunakan minyak goreng sebagai kebutuhan pokok harian untuk mengolah makanan. Padahal, minyak goreng yang beredar di pasaran telah banyak kehilangan vitamin sehingga manfaatnya kurang maksimal – Hasil Minyak Kelapa Sawit Selain Minyak Goreng Apa Saja? Yuk, Baca Lebih Lanjut!

Oleh karena itu, industri sawit nasional telah bekerjasama dengan pemerintah untuk mengembangkan produk minyak sawit merah. Terobosan baru ini memiliki manfaat lebih banyak daripada minyak goreng biasa, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh.

Sekilas Mengenai Minyak Sawit Merah

Minyak sawit merah mungkin memiliki rasa dan bau yang lebih menyengat daripada minyak goreng biasa. Masih banyak orang yang belum terbiasa dengan perbedaan warna, rasa, dan bau tersebut sehingga membuat minyak sawit merah kurang populer.

Seperti namanya, minyak sawit merah merupakan minyak nabati yang diproduksi dari buah sawit merah (Elaeis guineensis). Jenis minyak tersebut memang memiliki warna merah karena kandungan karotenoid yang tinggi dan mampu mempertahankan fitonutrien selama produksinya.

Nutrisi yang masih terjaga ini dikarenakan proses penyulingan saat produksi minyak sawit merah hanya mengurangi sedikit nutrisinya. Minyak sawit merah mengandung 50% asam lemak jenuh, 40% asam lemak tak jenuh, dan 10% asam lemak tak jenuh ganda. 

Sumber: IStock

Nutrisi yang dimiliki minyak sawit merah bahkan menjadikannya disebut sebagai salah satu minyak paling bergizi yang pernah ada. Minyak sawit merah menjadi salah satu sumber karoten alami terkaya, seperti alfa-karoten, beta-karoten, dan likopen.

Manfaat Minyak Sawit Merah

1. Diaplikasikan pada Banyak Bidang

Sebagai salah satu bahan pangan, minyak sawit  merah telah dimanfaatkan dalam berbagai proses pengolahan makanan. Jenis minyak ini digunakan untuk menyiapkan bahan margarin, es krim, dan bahan makanan lainnya. Kandungan steroid dan vitamin E juga menjadikannya salah satu alasan yang digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika dibandingkan dengan minyak goreng biasa, minyak sawit merah justru memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Alasannya karena terdapat antioksidan dari vitamin E dan karotenoid yang tinggi dalam minyak sawit merah. 

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencegah penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan aterosklerosis. Fakta tersebut telah dikonfirmasi oleh beberapa penelitian sehingga manfaat tersebut cukup menjanjikan.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Minyak sawit merah ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan otak, salah satu organ penting bagi manusia. Tingginya kandungan vitamin E dari minyak sawit merah mengambil andil besar untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan otak.

Kandungan vitamin E tersebut mampu melindungi otak dari radikal bebas yang dapat merusak neuron. Dengan demikian, minyak sawit merah mampu membantu mengurangi atau menghentikan perkembangan demensia dan penyakit Alzheimer akibat besi pada otak.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Jika biasanya wortel sangat terkenal untuk menjaga kesehatan mata, minyak sawit merah juga memiliki fungsi yang sama. Peran minyak sawit merah dalam menjaga kesehatan mata telah teruji dalam banyak penelitian sekaligus membantu mengurangi risiko masalah penglihatan.

Minyak sawit merah membantu menyerap vitamin A dan vitamin larut lemak lainnya sehingga vitamin-vitamin tersebut dapat bekerja lebih maksimal. Beta karoten dalam minyak sawit merah berperan sebagai prekursor alami vitamin A membuatnya sering dianggap sebagai sumber vitamin ini.

Dengan demikian, keberadaan minyak sawit merah juga berperan dalam meningkatkan kadar vitamin A. Minyak sawit merah juga bisa menjadi alternatif bagi penderita cystic fibrosis dimana seseorang memiliki kesulitan dalam menyerap lemak. Menarik sekali bukan informasi seputar minyak sawit merah beserta manfaatnya di atas? Jika kamu tertarik dengan informasi serupa, segera kunjungi website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin