Diterbitkan 15 Aug 2023

Optimalisasi Industri Pupuk untuk Ketahanan Pangan Bangsa

News

Salah satu upaya menjaga ketahanan pangan bangsa adalah dengan optimalisasi industri pupuk nasional. Di bawah naungan badan usaha milik negara (BUMN), pemenuhan kebutuhan pupuk masyarakat akan dijalankan dengan sebaik mungkin, disertai dengan pembangunan pabrik-pabrik baru.

Fokus utama dari industri pupuk, ada tiga hal yang akan dilakukan. Pertama dengan melakukan penambahan kapasitas produksi, seperti ekspansi pembangunan pabrik di Papua. Kedua dengan melakukan pengamanan sumber bahan baku, yaitu fosfor dan kalium.

Salah satu contoh pabrik pupuk yang akan dibahas adalah perusahaan yang merupakan produsen urea terbesar di Asia Tenggara dan ke-6 terbesar di Asia Pasifik. Perusahaan ini tak hanya mencukupi kebutuhan pupuk nasional, namun juga turut serta menjaga ketahanan pangan kawasan. Sehingga, sekitar 70 persen produk mereka difokuskan untuk dalam negeri, serta 30 persen sisanya untuk diekspor.

Industri pupuk untuk ketahanan bangsa

Di PKT bahkan ada sebuah semboyan yang berbunyi “what goes in fertilizer will not stay in fertilizer”. Pupuk tidak hanya sekadar industri pupuk, melainkan juga berkaitan dengn ketahanan pangan dan hidup matinya bangsa. Oleh karena itu, untuk menjaga keberlangsungan hidup bangsa, ketahanan pangan dan ketersediaan pasokan pupuk harus dijaga.

Sebagai pabrik pupuk terbesar dan termodern di Indonesia, PKT telah berhasil memproduksi pupuk amonia sebesar 2.500 ton per hari dan urea 3.500 ton per hari. Jumlah tersebut memiliki nilai produk yang ditaksir sekitar Rp20 miliar dalam sehari atau hampir Rp 7 triliun dalam satu tahun. Cukup besar, bukan?

PKT juga berhasil mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah di tahun 2021 dan 2022 sebesar Rp14,5 triliun. Profit tersebut selanjutnya digunakan untuk kebutuhan masa depan, dengan diinvestasikan kembali dalam pembangunan pabrik-pabrik baru, serta untuk meningkatkan efisiensi dari pabrik yang sudah ada.

Pemanfaatan profit tersebut merupakan sebuah strategi untuk bisa terus berkembang. Dengan begitu, bagaimanapun keadaan global di masa depan, kebutuhan pupuk nasional tetap akan terpenuhi dengan sumber-sumber dari dalam negeri. Sehingga sangat jelas, industri pupuk merupakan kunci utama atas ketahanan pangan bangsa.

Dari pembahasan di atas, kamu bisa mengetahui bahwa pupuk merupakan poin penting dalam sektor pertanian – Kondisi Terkini Pupuk di Indonesia, Petani Harus Tahu!. Oleh karena itu, kamu harus memilih pupuk berkualitas dengan membelinya di Gokomodo, agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin