Diterbitkan 4 Apr 2023

Paclobutrazol, Fitohormon Paling Dicari Petani Buah!

Tips / Tutorial

Secara sederhana, hormon tumbuhan atau yang lebih dikenal sebagai fitohormon merupakan sekelompok senyawa organik bukan hara (nutrien), baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat manusia, yang dalam kadar sangat kecil dapat mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan.

Hormon pada tumbuhan juga dikenal sebagai Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) untuk membedakan istilahnya dengan hormon pada hewan. Hal ini disebabkan karena fitohormon dihasilkan dari jaringan non-spesifik (seperti meristematik) yang dapat menghasilkan zat apabila mendapatkan rangsang. Selain itu, penyebaran hormon juga tidak selalu melalui sistem pembuluh karena fitohormon dapat ditranslokasi melalui sitoplasma.

Penggunaan fitohormon memang banyak digunakan, terutama di kalangan petani modern. Kebutuhan akan panen dalam jumlah besar dan kualitas yang baik menjadi alasan mengapa banyak petani menambahkan ZPT pada tanaman mereka. Tentunya dengan tujuan agar pertumbuhan tanaman dapat lebih cepat dan segera menghasilkan buah dengan kualitas prima.

Salah satu ZPT yang umum digunakan oleh petani, terutama di Thailand adalah Paclobutrazol atau sering disingkat PBZ. Fitohormon ini merupakan ZPT yang termasuk dalam kelas bahan kimia trizole yang digunakan untuk merangsang pembungaan dan pembuahan tanaman di luar musim dan membuat bunga atau buah menjadi lebih seragam. 

Dalam menjalankan fungsinya, PBZ akan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap stress, dengan cara menghentikan proses pertumbuhan tanaman. Hal ini membuat cadangan karbohidrat menjadi lebih banyak sehingga memungkinkan tanaman lebih cepat berbunga dan berbuah. Oleh karena itu, aplikasi hormon PBZ dalam dosis kecil dikenal sebagai perangsang pembungaan dan pembuahan serempak. 

Efek negatif hormon PBZ tersebut sebenarnya bisa dihilangkan dengan memangkas cabang-cabang tanaman setelah proses pemanenan agar percabangan kembali tumbuh normal. Namun pemberian hormon PBZ pada tanaman hias maupun buah-buahan tetap tidak direkomendasikan apabila diaplikasikan secara terus menerus karena bisa membuat tanaman menjadi kerdil permanen.

Itu dia sekilas informasi mengenai fungsi dan cara kerja hormon Paclobutrazol yang penting kamu ketahui. Selain hormon PBZ, kamu juga perlu Mengenal 7 Hormon Tanaman Beserta Peranannya agar lebih paham dan bijak dalam mengaplikasikannya. Sesuaikan juga penggunaan ZPT dengan fase tanaman, sehingga dosis yang diberikan dapat tepat sasaran dan hasilnya sesuai harapan.

Selain fitohormon alami, kamu bisa menambahkan fitohormon buatan yang bisa didapatkan melalui toko pertanian terdekat. Penggunaan fitohormon sangat berkolerasi baik dengan penggunaan pupuk, apabila kamu membutuhkan pupuk kamu bisa mendapatkannya melalui Gokomodo. Kunjungi website kami sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.