Diterbitkan 8 Sep 2023

Pengabdian 20 Tahun Kios Putra Tani Jembar Untuk Pertanian Subang

Figure
Pertanian subang

Subang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Subang Kota. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat. Pada pertengahan 2023, jumlah penduduk kabupaten Subang sebanyak 1.624.856 jiwa

Subang merupakan salah satu yang paling sibuk di Pulau Jawa. Kota kecamatan yang berada di jalur ini diantaranya Ciasem dan Pamanukan. Tingkat kemiringan dan Iklim dilihat dari tingkat kemiringan lahan, sekitar 80.80 % wilayah Kabupaten memiliki tingkat kemiringan 0°–17°. Secara umum wilayah Kabupaten Subang beriklim tropis dan curah hujan rata-rata pertahun 2.352 mm. Dengan iklim yang demikian, serta ditunjang oleh adanya lahan yang subur dan banyaknya aliran sungai, menjadikan sebagian besar luas tanah Kabupaten Subang digunakan untuk Pertanian.

Kios Putra Tani Jembar

Lahan pertanian yang begitu subur menjadikan penduduk Subang untuk terus melakukan budidaya pertanian selama ratusan tahun. Hal ini dialami oleh Ibu Eti Nurhaeti Pemiliki Kios Putra Tani Jembar Ds. Rancabango, Kec PatokBesi, Subang yang sudah membuka toko tani selama lebih dari 20 tahun.

Selama perjalanan lebih dari 20 tahun sering kali jatuh bangun. Kios Putra Tani Jembar dimulai dari nol dimana harus mencari pasar dan memenuhi stok toko yang hanya cuma beberapa produk.. “Sekarang sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari” Ucap Eti.

Konsep penjualan yang dilakukan oleh Bu Eti adalah dengan mengambil untung yang tidak banyak, mampu bersaing dengan toko sekitar. Kemudian, di Kios selalu menerima keluhan atau pun curhatan ratusan petani setiap harinya. Curhatan petani yang sering muncul dimulai dari harga mahal, penyakitnya susah dikendalikan, susah air ketika menjelang kemarau.

Awal mula bergabung dengan Gokomodo

“Awal mulai bergabung dengan Gokomodo pada awal tahun 2023, pada saat itu tertarik dengan produk yang lebih murah dari biasanya” Ujar Eti. Produk Gokomodo yang disediakan banyak yang laku terutama obat-obatan seperti obat hama keong. “Pokoknya produk Gokomodo selalu jadi andalan para petani padi disini” Eti menambahkan.

Keaslian produk gokomodo yang ditawarkan sudah menjadi ciri khas. Produk Gokomodo tidak pernah menerima keluhan sama sekali sama petani karena bagus dan original. “Produk Gokomodo sangat ampuh dan tidak sulit untuk memasarkannya” cerita Bu Eti.

Bu Eti berpesan “Semoga Gokomodo selalu memenuhi kebutuhan produk dan selalu update terkait pengiriman barang diperjalanan.

Itulah cerita singkat Bu Eti Pemilik Kios Putra Tani Jembar yang bekerja sama dengan Gokomodo. Apakah kamu tertarik? Yuk gabung menjadi bagian Gokomodo! baca artikel lainnya- Toko Arsyila Tani: Buka Toko Pertanian Sebagai Upaya Tingkatkan Budidaya Pertanian Daerah.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin