Diterbitkan 12 Aug 2024

Penting Dicatat! Ini Alasan Pemberian Pupuk ZA Sangat Dianjurkan

Agri Edu
Pupuk ZA

Pupuk Zwavelzuur Ammonium atau yang lebih dikenal dengan pupuk ZA merupakan salah satu pupuk dengan unsur utama Nitrogen andalan para petani. Pasalnya, selain berperan dalam memberikan tambahan unsur hara Nitrogen, pupuk ini juga menyuplai unsur belerang yang memang dibutuhkan tanaman sejak awal proses pertumbuhan. Meski tidak sekuat pupuk urea, ZA termasuk pupuk dengan sifat higroskopis atau mudah menyerap air – Coba Tebak, Ada Berapa Jenis Pupuk ZA di Indonesia? Jawabannya Ada di Artikel Ini, Ya!

Pemberian pupuk ini cocok digunakan pada tanah alkalin karena dapat menurunkan pH tanah dan sangat dianjurkan untuk diberikan baik sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan. Masih banyak manfaat lain yang akan diperoleh oleh tanaman dari penggunaan pupuk ZA, mari kita simak bersama.

Sumber: Parto Indonesia

Manfaat Penggunaan Pupuk ZA

Meningkatkan Kualitas Panen

    Dua unsur hara utama pada pupuk ZA memiliki fungsinya masing-masing. Unsur nitrogen dibutuhkan tanaman dalam proses fotosintesis dan pembentukan protein. Sementara itu, unsur belerang mampu memberikan efek yang lebih spesifik pada jenis tanaman tertentu. Misalnya pada padi mampu membantu mengurangi kadar air dalam gabah sedangkan pada tembakau dapat memperbaiki warna, aroma, dan kelenturan daun, sehingga pemberian ZA berperan dalam meningkatkan kualitas panen.

    Mengurangi Serangan Hama dan Penyakit

      Nitrogen dalam pupuk ZA juga memiliki manfaat penting dalam meningkatkan ketahanan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Kondisi ini dapat terjadi karena nitrogen mengambil andil dalam pembentukan lignin, yakni senyawa yang memperkuat dinding sel tanaman.

      Nitrogen juga mampu menarik predator alami hama seperti kepik dan laba-laba sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi populasi hama. Jika tanaman sudah terlanjur terserang hama, pemberian pupuk ini juga dapat membantu menurunkan tingkat keparahannya.

      Meningkatkan Ketahanan Tanaman Terhadap Kekeringan

        Kekeringan merupakan kondisi yang bisa membuat tanaman menjadi stres, terutama pada tanaman yang membutuhkan banyak air seperti padi. Jika dibiarkan terlalu lama, kekeringan dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

        Lagi-lagi unsur nitrogen menjadi pemeran utama disini. Nitrogen membantu tanaman mengembangkan sistem perakaran yang lebih kuat sehingga dapat menyerap air dan unsur hara dari lapisan tanah yang lebih dalam. Nitrogen dalam pupuk juga membantu tanaman memproduksi lebih banyak zat hijau daun atau klorofil. Meningkatnya kandungan klorofil membuat tanaman bisa melakukan fotosintesis yang lebih efisien dan menghasilkan banyak energi. Dengan demikian, energi dari hasil fotosintesis membantu tanaman mengatasi stres kekeringan.

        Memperbaiki Struktur Tanah

          Pemberian pupuk ZA tidak hanya bermanfaat bagi tanaman saja, tetapi juga bagi tanah. Agregasi tanah merupakan proses penggumpalan partikel-partikel tanah menjadi struktur yang lebih besar dan stabil sehingga akar tanaman dapat berkembang dengan baik. Unsur nitrogen dalam pupuk ZA turut andil akan hal ini.

          Pupuk ZA juga mampu membantu meningkatkan jumlah ruang pori dalam tanah atau yang dikenal dengan porositas tanah. Ruang pori tersebut berfungsi untuk menyimpan air dan udara sehingga akar tanaman dapat bernapas dan menyerap air maupun unsur hara dengan baik.

          Gokomodo sudah menjelaskan berbagai manfaat pemberian pupuk ZA pada artikel di atas. Nah, jika kamu tertarik untuk membeli menggunakan pupuk tersebut, kamu bisa datang langsung ke GokoMart di daerahmu untuk mendapatkannya. Ada banyak jenis pupuk dan produk agri-input berkualitas lainnya dengan harga yang kompetitif. Jangan lewatkan juga berbagai promo dan penawaran menarik. Tunggu apalagi? Kunjungi GokoMart sekarang juga!

          whatsapp
          twitter
          facebook
          linkedin