Diterbitkan 27 Mar 2024

Penting! Inilah Unsur Hara Yang Wajib Pada Kelapa Sawit

Agri Edu
Unsur Hara Kelapa Sawit

Tanaman kelapa sawit berperan penting bagi negara tercinta kita ini. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sangat tinggi dalam komoditas kelapa sawit, sehingga sawit banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Untuk bisa mencapai hasil kebun sawit yang maksimal, maka dibutuhkan berbagai jenis perawatan, termasuk memilih dan memberikan pupuk sawit yang tepat.

Ada berbagai unsur hara yang penting bagi tanaman kelapa sawit, cara pemupukannya juga perlu dilakukan dengan tepat. Pengetahuan tentang pupuk ini menjadi hal penting bagi para produsen sawit, simak artikel ini hingga tuntas untuk informasi lebih lengkapnya!

Unsur hara mikro pada kelapa sawit

Dimulai dari unsur hara yang paling sedikit dibutuhkan namun memiliki fungsi yang penting bagi tanaman kelapa sawit. Ada tiga jenis unsur hara mikro yang harus tercukupi bagi tanaman kelapa sawit, yaitu boron, tembaga dan seng. Bagaimana fungsinya bagi tanaman kelapa sawit? simak selengkapnya!

Seng (Zn)
Unsur hara Seng dapat mengaktifkan enzim-enzim yang berkaitan erat dengan metabolisme, termasuk mengolah hasil fotosintesis menjadi energi yang disimpan dalam buah. Seng berguna dalam mendorong perkembangan tanaman, terutama pada pemanjangan sel dan ruas batang tanaman kelapa sawit.

Tembaga (Cu)
Nutrisi kedua yang tak kalah penting adalah tembaga. Zat ini berguna dalam pembentukan klorofil pada tumbuhan. Nantinya, klorofil dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Tak hanya itu, unsur mikro ini juga membantu proses fiksasi nitrogen. Oleh karena itu, nitrogen yang sebelumnya tidak dapat dimanfaatkan dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

Boron (B)
Unsur hara Boron berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Boron dapat membantu meningkatkan tinggi tanaman. Zat ini juga dapat menambah panjang tangkai daun. Boron juga membantu meningkatkan bobot tandan buah segar.

Unsur hara makro pada kelapa sawit

Unsur hara makro adalah unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena itu, kamu perlu memilih pupuk dengan kandungan unsur-unsur di bawah ini agar tanaman kelapa sawit dapat berbuah maksimal:

Nitrogen (N)

Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman kelapa sawit adalah Nitrogen. Unsur ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, terutama dalam mempercepat pertumbuhan tunas dan daun pada fase vegetatif.

Phosphor (P)

Phosphor dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman kelapa sawit adalah Phosphor. Unsur ini bermanfaat dalam memperkuat batang, sistem perakaran, dan meningkatkan kualitas buah yang dihasilkan. 

Kalium (K)

Pemberian unsur hara Kalium ini akan membantu dalam meningkatkan konduktansi stomata dan biosintesis fotosintesis pada daun secara umum.

Magnesium (Mg)

Unsur hara yang penting untuk pertumbuhan tanaman sawit adalah Magnesium. Unsur ini dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk membantu jalannya proses fotosintesis.

Mengingat betapa pentingnya unsur hara kelapa sawit untuk diperhatikan. Kamu sebagai pengusaha perkebunan harus menjamin ketersediaan unsur hara dengan membeli pupuk yang original hanya melalui Gokomodo. Baca juga tanda-tanda defisiensi undur hara apabila muncul di tanaman kelapa sawit- Penting Diketahui! Tanda-Tanda Tanaman Kelapa Sawit Alami Defisiensi Unsur Hara.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.