Diterbitkan 24 Jul 2023

Perangsang Getah Karet: Penjelasan dan Dampaknya

Agri Edu
perangsang getah karet

Selama ini kita mengetahui produktivitas tanaman didukung oleh pemberian pupuk dan pestisida sesuai dengan prinsip dan standarnya. Ternyata, tidak terbatas pada hal tersebut. Contohnya produktivitas pohon karet ternyata bisa dinaikkan dengan cara pemberian perangsang getah pohon karet. Perlakuan diatas bisa menjadi solusi dengan adanya penurunan hasil getah karet di Indonesia – Berikut Capaian Karet Indonesia Pada Saat Ini. Sebelum memulai penggunaan perangsang karet, sebaiknya baca penjelasan berikut

Penggunaan perangsang getah karet

Sesuai dengan namanya, perangsang getah karet berfungsi untuk meningkatkan hasil getah karet saat dilakukan penyadapan. Tidak sembarangan pohon karet boleh diberi perangsang. Pemberian perangsang pada karet hanya diberikan pada pohon karet yang sudah dewasa. 

Perangsang karet terbuat dari zat kimia bernama ethepon. Ethepon berfungsi mengeluarkan gas etilen yang dapat meresap pada pohon karet. Gas etilen pada pembuluh pohon karet berfungsi untuk menyerap air dari sel-sel yang ada disekitarnya. Pada dasarnya, penggunaan perangsang adalah sebagai ‘jalan pintas’ agar hasil getah karet melimpah bisa jadi memiliki dampak pada pohon karet. 

Dampak terhadap pohon karet

Perangsang getah karet tentunya menambah kuantitas getah karet saat dilakukan penyadapan. Dengan cara kerja menyerap air sebanyak-banyaknya, dikhawatirkan pohon karet akan kekurangan nutrisi. Cadangan getah karet akan dikeluarkan seluruhnya sehingga berdampak pohon karet tidak sehat hingga meranggas lebih awal. 

Selain pada pohon karet, kualitas getah karet akan terpengaruh. Getah karet yang sudah disadap akan kesulitan untuk mengering. Hal ini hanya terjadi karena getah karet keluar secara dipaksa dan dalam jumlah yang banyak. Batang akan mengering akibat kekurangan cairan/getah. Batang mengering mengakibatkan pohon karet cepat mati. 

Getah karet yang dihasilkan setelah pemberian perangsang karet biasanya dihargai rendah di pasar. Sebab, hasil sadapan getah karet masih cair. Getah karet cair ini merupakan nutrisi yang diperlukan oleh batang. Sedangkan getah karet yang dihargai tinggi yaitu getah karet yang memiliki tekstur lebih kental. 

Dengan dampak negatif lebih banyak, disarankan penggunaan perangsang ketika akan melakukan peremajaan pohon karet. Dengan demikian, getah akan dikeluarkan seluruhnya dan mempercepat matinya pohon karet sehingga bisa segera ditanami pohon karet baru. Masih banyak hal yang perlu diketahui tentang perkebunan karet di Indonesia. Pastikan update pengetahuan seputar agrikultur Indonesia melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin