Diterbitkan 31 Oct 2023

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuka Toko Pupuk Sendiri

Tips / Tutorial
Toko Pupuk

Tingginya kebutuhan akan pupuk dan obat tanaman menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan. Melihat peluang tersebut, kamu bisa mulai membuka toko usaha tani yang menjual banyak produk secara umum, atau berfokus pada satu jenis produk, misalnya dengan membuka toko pupuk terlebih dahulu.

Membuka toko pupuk bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu beberapa hal penting di bawah ini. Tak hanya mempersiapkan modal usaha saja, kamu juga perlu mempelajari tentang jenis-jenis pupuk, ilmu pertanian, dan tentunya menerapkan strategi penjualan yang efektif.

Tips Membuka Toko Pupuk 

Pupuk dulunya hanya digunakan untuk menyuburkan tanaman. Namun seiring berjalannya waktu, pupuk memiliki fungsi yang lebih spesifik, yaitu menyuburkan bunga, memberantas hama, mempercepat proses pematangan buah, dan masih banyak fungsi lainnya. 

Beragamnya fungsi pupuk tersebut membuat toko pupuk selalu diincar para petani untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Nah, berikut adalah kiat yang bisa kamu lakukan untuk membuka toko pupuk pribadi.  

1. Pilih Produsen yang Tepat

Saat menentukan produsen pupuk, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan besar, yakni menjadi distributor resmi atau membuka toko pupuk resmi. Jika kamu memiliki modal yang lebih, maka kamu bisa menjadi distributor dari sebuah produsen pupuk. 

Modal yang besar tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli stok pupuk dalam jumlah banyak, membangun gudang penyimpanan, dan membeli kendaraan untuk mendistribusikan pupuk ke agen atau petani yang menjadi pelanggan.  

Namun jika modal yang kamu miliki pas-pasan, membuka toko pupuk resmi adalah pilihan yang paling tepat. Kamu tidak perlu membangun gudang dan menyediakan kendaraan untuk distribusi dalam jumlah besar, melainkan hanya perlu menghubungi dan menjadi mitra para distributor resmi di daerah.

2. Pilih Jenis Pupuk 

Sebelum membuka toko pupuk, kamu perlu memilih jenis-jenis pupuk apa saja yang akan dijual. Hal ini karena jenis pupuk yang beredar di pasaran memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Sebagai contoh, pupuk Biochar digunakan untuk menyuburkan tanah kering dan pupuk Big Grow digunakan sebagai perangsang buah. Ada juga pupuk Super Nasa untuk menggemburkan tanah dan pupuk NPK untuk membantu pertumbuhan tanaman agar berkembang secara maksimal. 

Saat memilih jenis pupuk yang akan dijual, kamu juga perlu berhati-hati dan teliti. Sebab, banyak pula pupuk palsu yang beredar di pasaran yang perlu dihindari. Dengan memilih produsen yang tepat, kamu tentu bisa meminimalisir mendapatkan produk pupuk palsu.

3. Pelajari Ilmu Pertanian

Selain mengetahui jenis pupuk yang akan dijual, kamu juga perlu belajar sedikit banyak mengenai ilmu pertanian secara umum. Hal ini karena pelanggan yang datang biasanya tidak hanya ingin membeli produk, melainkan juga meminta penjelasan mengenai masalah yang sedang mereka hadapi. 

Jika kamu bisa memberikan informasi yang edukatif, tentu saja mereka akan senang berbelanja di tokomu. Tak hanya mengetahui manfaat pupuk secara umum, kamu juga perlu belajar mengenai fisiologi tanaman, hama dan penyakit tanaman, hingga kajian bioteknologi terkini.   

4. Terapkan Strategi Penjualan

Jika tiga hal di atas sudah kamu lakukan, saatnya memperluas jaringan pasar dengan menerapkan strategi penjualan yang efektif. Kamu harus mengerti bagaimana cara promosi yang menarik dan cara memainkan harga yang bersaing dengan toko lain.

Kamu juga perlu mengerti cara penjualan produk yang sesuai kebiasaan pelanggan. Sebab, strategi usaha yang akan diterapkan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi pertanian dan daya beli di wilayah sekitarmu.

Bergabung menjadi Mitra Gokomodo

Bila kamu tertarik membuka toko pupuk sendiri, bergabung menjadi mitra Gokomodo adalah pilihan yang tepat. Tak perlu ragu lagi, sebab Gokomodo telah berhasil mendistribusikan pupuk ke seluruh Indonesia dengan integrasi jaringan fisik dan digital hingga ke 7 provinsi di seluruh Indonesia – Gokomodo Masuk dalam Daftar Forbes Asia 100 To Watch 2023.

Selain itu, ada lebih dari 4000+ katalog produk yang siap memenuhi kebutuhan toko milikmu. Gokomodo juga menyediakan platform GokoBiz untuk perusahaan dan Aplikasi Gokomodo untuk retail. Beragam produk Gokomodo juga dapat didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Mari bergabung menjadi Mitra Gokomodo untuk mendapatkan kemudahan akses agri-input berkualitas dan harga bersaing. Semoga tokomu semakin sukses bersama lebih dari 1000 Mitra Gokomodo lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin