Diterbitkan 21 Jun 2024

Petunjuk Praktis Cara Merawat Tanaman Pakis: Biar Tetap Hijau Tanpa Harus Ribet!

Tips / Tutorial
Cara Merawat Tanaman

Tanaman hias memiliki peran penting dalam menciptakan suasana rumah yang menyenangkan dan menenangkan. Tanaman hias tidak sekadar memberikan warna yang sedap dipandang, tetapi juga membantu mengatur kelembaban udara, menyaring polusi, serta memberikan udara yang lebih segar bagi penghuni rumah. Dengan merawat tanaman hias dengan baik, kita juga secara tidak langsung turut berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Salah satu jenis tanaman hias yang banyak dibudidayakan tahun 2024 yaitu tanaman pakis. Pada artikel ini, Gokomodo akan memberikan beberapa cara merawat tanaman pakis.

Sekilas Tentang Tanaman Pakis

Sumber: The Spruce

Tanaman pakis dikenal djuga dengan tanaman paku. Disebuut tanaman paku karena daunnya berbentuk menyerupai paku. Tanaman pakis biasanya tumbuh di berbagai tempat seperti hutan, gunung, dan bahkan di lingkungan kota. Ada banyak jenis tanaman pakis, muali dari yang berukuran kecil hingga besar. Tanaman pakis liar memiliki peranan penting bagi lingkungan karena memberikan habitat bagi berbagai makhluk hidup dan berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Selain penting untuk menjaga ekosistem, tanaman pakis juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah. Apakah sulit untuk merawat tanaman pakis sebagai tanaman hias di rumah? Yuk, simak cara merawat tanaman pakis!

Cara Merawat Tanaman Pakis

Tanaman pakis di rumah biasanya di tanam di pekarangan maupun taman rumah. Seiring berjalannya waktu, makin terbatas juga lahan pemukiman penduduk yang bisa digunakan untuk bercocok tanam atau sekadar memuaskan hobi budidaya tanaman. Kabar baiknya, tanaman pakis dapat tumbuh dengan baik di dalam rumah, lho. Berikut cara merawat tanaman pakis di dalam rumah agar tidak mudah layu:

Letakkan Tanaman Pakis di Tempat yang Benar

Sumber: Gardening Chores

Tanaman pakis memerlukan cahaya untuk melakukan fotosintesis yang mehasilkan makanan untuk dirinya. Salah satu tempat yang terkena cahaya matahari yaitu di dekat jendela. Namun, jangan diletakkan di depan jendela langsung, ya. Usahakan agak teduh sedikit agar daun pakis tidak berembun dan berbusa. Jangan diletakkan di dekat AC atau kipas angin juga, ya. Sebab, angin yang terlalu kencang dapat membuat tanaman pakis menjadi kering. 

Penyiraman

Sumber: Platt Hill Nursery

Sama halnya manusia, tanaman juga memerlukan air untuk bertahan hidup. Tanaman pakis yang disimpan dalam rumah juga perlu disiram. Frekuensi penyiraman tanaman pakis cukup berbeda. Saat musim panas, tanaman pakis memerlukan banyak air sehingga penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.Sedangkan saat musim hujan atau musim dingin, tanaman pakis cukup disiram satu kali dalam seminggu. Sebaiknya jangan terlalu menggunakan banyak air untuk menghindari tanaman tergenang air serta siram pada saat pagi atau sore.

Pemberian Pupuk

Pupuk menjadi sumber nutrisi penting bagi tanaman, jadi jangan lupa untuk memberikan pupuk meskipun tanaman pakis ada di dalam ruangan, ya. Biasanya untuk tanaman hias, berikan pupuk organik cair atau pupuk kimia cair sesuai dengan kebutuhan tanaman. Atau jika kamu sedang on budget, coba deh baca artikel Pupuk Tanaman Hias Gak Pake Mahal. Kamu Bisa Pakai Bahan dari Dapur Berikut Ini! Pastikan untuk  memberikan pupuk sesuai dengan anjuran dan kebutuhan tanaman, ya.

Sering Bersihkan Sekitar Tanaman

Tanaman yang diletakkan di dalam rumah masih berpotensi untuk ditumbuhi gulma, terkena penyakit, bahkan serangan hama. Agar terhindar dari OPT dan penyakit yang tidak diinginkan, kamu bisa melakukan sanitasi atau pembersihan di sekitar tanaman pakis. 

Nah, itulah beberapa cara mudah dan santai merawat tanaman pakis di rumah. Dapatkan peralatan merawat tanaman pakis yang lengkap hanya di GokoMart terdekat ya! Jangan lewatkan tips merawat tanaman hias lainnya hanya di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin