Diterbitkan 18 Jul 2024

Pilihan Mudah Jenis Tanaman Hortikultura Untuk Rumah

Agri Edu
Jenis Tanaman Hortikultura

Kegiatan berkebun tidak selalu membutuhkan lahan yang luas karena bisa dimulai dari pekarangan rumah. Metode budidaya tanaman kebun ini dikenal dengan istilah hortikultura yang meliputi berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman buah, sayur, obat, dan hias.

Jenis tanaman hortikultura yang beragam ini tidak hanya dapat memperindah pekarangan rumah tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pangan maupun obat-obatan. Berikut jenis-jenis tanaman hortikultura yang dapat kamu pilih dengan perawatan yang sederhana.

Sumber: iStock

Jenis Tanaman Hortikultura

1. Tanaman Sayur (Olerikultura)

Sayur-sayuran merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak diminati karena menunjang kebutuhan pangan harian sekaligus untuk menghemat biaya kebutuhan. Beberapa jenis yang sering menjadi pilihan untuk ditanam di pekarangan rumah diantaranya tomat, cabai, bawang, sawi, bayam, dan lainnya – Baru Mulai Tanam Cabai? Coba Ketahui Pupuk Khusus Untuk Cabai Baru Tanam.

2. Tanaman Buah (Frutikultur)

Ada banyak jenis tanaman buah yang dibudidayakan secara hortikultur seperti mangga, rambutan, durian, melon, dan sebagainya. Masa berbuah tanaman tersebut biasanya sangat dinantikan setiap musimnya, bahkan banyak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Ada pula tanaman buah yang berbuah sepanjang tahun seperti pisang dan anggur.

3. Tanaman Hias (Florikultura)

Jenis tanaman hias (florikultura) sangat beragam karena tidak hanya dapat ditanam di ruang terbuka seperti halaman maupun untuk dekorasi ruangan. Pastikan untuk memilih jenis yang tepat dengan lokasi tanam yang diinginkan agar pertumbuhannya dapat optimal. Beberapa jenis yang populer diantaranya melati, mawar, dahlia, anggrek, dan masih banyak lagi.

4. Tanaman Obat (Biofarmaka)

Budidaya hortikultura berupa tumbuhan herbal di pekarangan rumah dikenal dengan istilah apotek hidup atau tanaman obat keluarga (toga). Contohnya yaitu serai, lengkuas, kunyit, jahe, temulawak, brotowali, kayu manis, dan lainnya. Jenis-jenis tumbuhan tersebut tidak hanya digunakan sebagai obat tetapi juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan.

Tips Budidaya Tanaman Hortikultura

1. Upaya Pra Tanam

Untuk mendapatkan tanaman hortikultura yang tumbuh dengan baik maka perlu diawali dengan proses pra tanam yang baik pula. Mulai dari pemilihan media tanam yang tepat, memilih bibit yang berkualitas dari sumber terpercaya, hingga proses pembibitan yang dilakukan dengan hati-hati.

2. Perawatan

Proses perawatan tanaman hortikultura cukup beragam tergantung dengan jenis tanaman. Meski demikian, penyiraman secara rutin perlu dilakukan untuk semua jenis tanaman hortikultura. Selain itu, pemberian pupuk, herbisida, pestisida, dapat dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman terutama saat timbul serangan hama maupun penyakit.

3. Upaya Pasca Tanam

Beberapa jenis tanaman hortikultura seperti jenis tanaman buah, sayur, dan obat akan sampai pada masa panen. Proses panen tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena dapat merusak organ tanaman yang lain. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari teknik panen yang tepat terutama jika akan melakukan proses panen dalam skala besar. 

Memperindah pekarangan rumah dengan tanaman hortikultura tentu saja merupakan ide yang bijak. Selain mendapatkan manfaat estetika, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya, yakni memenuhi kebutuhan pangan dan obat-obatan. Kunjungi website Gokomodo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin