Diterbitkan 5 Feb 2024

Potensi Kelapa Sawit, Primadona Bahan Baku Olahan

Agri Edu
Potensi kelapa sawit

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang menjadi primadona bagi sektor perkebunan karena digadang-gadang dapat memberikan banyak keuntungan. Siapapun pasti sepakat jika membahas potensi kelapa sawit yang tiada habisnya karena bisa menjadi bahan baku untuk banyak produk. 

Tak heran jika permintaan kelapa sawit semakin meningkat dari berbagai sektor industri yang erat dengan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari produk pangan, kosmetik, bahan bakar, kebutuhan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Potensi kelapa sawit ini tidak hanya sebatas sebagai bahan baku tetapi juga mencakup potensi multiplier effect yang dihasilkan. Efek berganda akan didapatkan ketika memperoleh keuntungan dari perputaran uang dalam pengelolaan kelapa sawit. Untuk mendapatkan perputaran uang yang besar, maka perlu adanya peremajaan sawit rakyat (PSR). Berikut potensi kelapa sawit dengan berbagai produk olahannya:

Produk Pangan

Sudah menjadi rahasia umum jika kelapa sawit memang merupakan bahan baku untuk berbagai olahan pangan. Mulai dari minyak goreng, margarin, shortening (mentega putih), krim untuk biskuit, dan lainnya. Bahkan untuk beberapa olahan pangan yang jarang diketahui banyak orang seperti frying fat, coating fat, dan coffee whitener.

Bahan Bakar

Kelapa sawit juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk bahan bakar, lebih tepatnya adalah Biodiesel. Penggunaan biodiesel ini sebenarnya memberikan tanggapan positif karena dinilai lebih ramah lingkungan. Biodiesel menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan bahan bakar fosil sehingga meminimalkan pengaruh pada perubahan iklim.

Produk Kosmetik

Kamu mungkin tidak membayangkan jika kelapa sawit ternyata menjadi bagian dari produk kosmetik yang selama ini kamu gunakan. Beberapa diantaranya bahkan sering digunakan sehari-hari seperti lotion dan krim untuk wajah. Selain itu, kelapa sawit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pomade dan lipstik yang memberikan tekstur mengkilap.

Kebutuhan Rumah Tangga

Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang diolah menggunakan kelapa sawit. Mulai dari shampo, sabun, pasta gigi, dan deterjen yang berkualitas. Produk sabun yang mengandung kelapa sawit akan lebih halus dan lentur. Deterjen yang terbuat dari kelapa sawit juga akan lebih bersih karena mengandung sodium lauryl sulfate sebagai agen pembentuk busa.

Bahan Bangunan

Kelapa sawit juga merupakan salah satu bahan berbagai jenis cat mulai dari cat mobil, cat tembok, hingga cat pernis. Kemiripan fungsi cat ini juga membuat kelapa sawit bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan dempul pada permukaan besi, plastik, maupun kayu. Selain memberikan tampilan menarik, dempul juga bisa membuat produk lebih awet.

Potensi Multiplier Effect Kelapa Sawit

Potensi multiplier effect yang dihasilkan dari kelapa sawit memang sangat menjanjikan hingga Rp1.000 triliun. Namun untuk mendapatkan perputaran uang sebesar itu, maka perlu dilakukan beberapa upaya, diantaranya yaitu:

Sumber: iStock
  • Adanya percepatan peremajaan sawit rakyat (PSR)
  • Adanya regulasi yang mendorong pertumbuhan komoditas kelapa sawit
  • Pemerintah perlu mengadakan sosialisasi dan promosi kepada petani dan perusahaan agar lebih memahami peluang
  • Adanya kemitraan yang harmonis dalam peremajaan sawit rakyat
  • Pemerintah perlu membuat kebijakan yang baik dari hulu ke hilir sebagai panduan dalam sektor ekspor
  • Pemerintah harus segera melakukan perbaikan atau penyempurnaan di dalam aturan perundangan terkait Permentan 3/2022

Demikian ulasan mengenai potensi kelapa sawit yang memiliki banyak manfaat sekaligus berpotensi menjadi komoditas yang menguntungkan. Jika kamu berminat untuk menjadi bagian dari perkebunan ini, baca juga Langkah Tepat Memilih Benih Kelapa Sawit untuk Berbagai Jenis Perkebunan Kelapa Sawit di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin