Diterbitkan 20 Jun 2024

Pupuk Cair yang Sering Digunakan dan Ini Keunggulannya

Agri Edu

Pupuk cair

Pupuk cair organik dan pupuk kimia cair merupakan dua jenis pupuk yang sering digunakan dalam pertanian modern. Keduanya memiliki karakteristik dan pendekatan yang berbeda dalam memberikan nutrisi kepada tanaman. Penasaran apa saja kelebihan diantara dua pupuk tersebut? Nih, Gokomodo beri penjelasan singkatnya, ya.

Pupuk Kimia Cair

Pupuk kimia cair merupakan pupuk yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang diproses pada industri pembuatan pupuk. Jenis pupuk juga digunakan oleh para petani untuk efisiensi produksi tanaman. Pupuk kimia cair yang ada dipasaran biasanya pupuk NPK cair, pupuk KCl cair, dan masih banyak lagi. Coba deh baca artikel Tanaman Berbuah dan Berbunga Banyak Berkat Pupuk Fosfat Cair untuk memudahkan memahami pupuk kimia cair. Apakah pupuk kimia cair memiliki kelebihan? Tentu saja ada! Simak pada artikel berikutnya, ya!

Kelebihan Pupuk Kimia Cair

Pupuk kimia cair banyak digunkan bukanlah tanpa alasan. Berikut kelebihan yang ditawarkan pupuk kimia cair.

  • Pupuk kimia membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat karena mengandung mineral dan unsur hara dengan kadar yang tinggi. Unsur hara yang baisanya dijadikan pupuk kimia cair yaitu fosfor, nitrogen,belerang, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi.
  • Kandungan unsur hara yang terukur pasti membuat pupuk kimia cair memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman dan membantu pertumbuhan tanaman agar optimal.
  • Lebih praktis dan efisien karena pupuk kimia cair mampu menyuburkan tanah dan tanaman dalam waktu yang relatif singkat.
  • Teksturnya yang cair memudahkan untuk penyerapan unsur hara oleh tanaman.
  • Pupuk kimia cair diproduksi di pabrik dan tentunya sudah melewati tahap formulasi yang tepat. Sehingga dalam proses produksinya, pupuk kimia cair diproduksi secara konsisten dan kandungan unsur hara lebih terkonsentrasi serta mudah dikontrol.

Pupuk Organik Cair

Sumber: Gardening Know How

Pupuk Organik Cair, biasa disebut dengan POC, merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami seperti limbah tanaman, limbah rumah tangga, sisa hewan maupun tanaman yang membusuk dan diuraikan hingga berbentuk cair. Beberapa petani memilih menggunakan POC karena terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan dan ramah tanaman.

POC biasanya diaplikasikan pada daun, bunga, dan batang tanaman, Hal ini karena bagian tubuh tanaman memiliki pori-pori sehingga membuat penyerapan pupuk lebih cepat dan maksimal. Dalam penggunaannya, POC juga memiliki keunggulan. Kira-kira apa saja ya keunggulan POC?

Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Cair

Selama ini POC digadang-gadang keunggulannya karena terbuat dari bahan yang alami sehingga aman untuk tanaman dan ekosistem lahan pertanian. Ternyata kelebihannya tidak sebatas itu saja. Masih banyak keunggulan POC, diantaranya:

  • Bahan POC sebagai ‘makanan’ bagi mikroorganisme tanah yang terdiri dari bakteri dan jamur yang menguntungkan. Mikroorganisme tersbeut juga membantu proses penguraian POC, sehingga terjadilah simbiosis mutualisme. 
  • Meningkatkan ketersediaan unsurh hara dan meningkatkan kemampuan tanaman untuk mengikat antar partikel unsur hara.
  • Menghasilkan sayur dan buah organik yang aman dikonsumsi oleh manusia dan hasilnya dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan budidaya tanaman menggunakan pupuk kimia.
  • Pengaplikasian dan pembuatannya yang tergolong mudah serta tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bahannya saja dapat diperoleh dari sampah tanaman dan tidak perlu membeli sampah untuk membuat pupuk, kan?
  • Karena sediannya berbentuk cair, POC lebih cepat terserap oleh pori-pori tanaman, terutama stomata (pori-pori daun).
  • Membantu meningkatkan kapasitas tukat katian (KTK) dan membantu proses pelapukan bahan mineral pada tanah.
  • Membantu memperbaiki daya olah tanah dan menggemburkan tanah secara optimal.

Setelah tahu kelebihan dari masing-masing pupuk cair, mana nih yang akan kamu pertimbangkan untuk digunakan pada tanamanmu? Sebaiknya, gunakan pupuk kimia cair dan pupuk organik cair secara bergantian untuk menjaga kualitas tanah tetap baik. Apapun nanti pupuk cair yang digunakan, pastikan kamu membeli di GokoMart terdekat yang sudah jelas keaslian produknya, baik kualitasnya, dan tentunya harga yang terjangkau!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin