Diterbitkan 11 Oct 2024

RDKK 2024: Dari Petani, Oleh Petani, dan Untuk Petani

Agri Edu
RDKK 2024

Salah satu kunci kelancaran produksi tanaan pangan yaitu ketersediaan pupuk dan saprodi pertanian lainnya. Dengan pendapatan petani dan modal yang terbatas, bagaimana kelancaran produksi tetap bisa terwujud? Setelah mengetahui kendala pada pembaiyaan, pemerintah memberikan pupuk subsidi serta bantuan kredit khusus untuk petani. Nah, untuk mendapatkan itu semua, para petani melalui kelompok tani membuat RDKK setiap tahunnya. Sebenarnya, apa sih RDKK itu? Yuk, simak penjelasan tentang RDKK di tahun 2024 berikut ini!

Apa Sih Pengertian RDKK?

Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK) merupakan rencana kebutuhan sarana produksi pertanian dan alat mesin pertnain untuk satu siklus musim tanam. RDKK para petani akan didanai menggunaakan kredit, permodalan, subsidi usaha tani, maupun swadana petani. RDKK disusun oleh penguru dan anggota kelompok tani yang didampingi juga oleh penyuluh pertanian. Singkatnya, RDKK dibentuk dan diajukan oleh petani serta untuk petani pula. 

Penyusunan RDKK dilakukan tiga bulan sebelum musim tanam dimulai. Misalnya saja subsektor tanaman pangan, RDKK disusun pada bulan Juli dan Januari. Apakah subsektor pertanian lainnya juga sama? Penyusunan RDKK untuk subsektor lain berbeda-beda menyesuaikan dengan lokasi lahan, jenis tanaman, dan waktu tanamnya.

RDKK biasanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan subsidi pupuk para petani. Dalam RDKK, harus terdapat komponen berikut ini:

  • Kapan waktu musim tanam
  • Lokasi (Provinsi/Kabupaten/Kecamatan/Desa)
  • Nama kelompok tani
  • Komoditas (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, maupun perikanan)
  • Nama distributor/pengecer resmi (ditulis dengan jelas)
  • Nama petani yang mengajuka pupuk bersubsidi.
  • Luas lahan
  • Jenis tanaman yang membutuhkan pupuk bersubsidi
  • Jumlah kebutuhan pupuk (dilihat dari komoditi, luas lahan, dan dosis yang disarankan)
  • Waktu penggunaan pupuk.

Bagaimana RDKK 2024 Dibuat?

Secara garis besar, RDKK 2024 disusun oleh pengurus dan anggota kelompok tani yang resmi terdaftar. Tentu saja dalam proses penyusunan RDKK, para petani dibantu dan dibina oleh petugas Dinas Pertanian daerah setempat serta penyuluh pertanian. 

RDKK 2024 disusun menggunakan formulir yang sudah disediakan, diperbanyak, dan diedarkan oleh Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lebih detailnya, berikut cara penyusunan RDKK.

  1. Tahapan penyusunan RDKK
    • Diadakan pertemuan pengurus inti kelompok tani yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan lainnya.
    • Pertemuan pengurus inti membahas dan merumuskan RDKK hasil dari musyawarah anggota kelompok tani.
    • Melakukan musyawarah anggota kelompok tani untuk menyusun daftar tetap kebutuhan pupuk bersubsidi yang akan dibeli. Penyusunan kebutuhan pupuk harus mencakup jumlah, jenis pupuk, jenis komoditas, dan waktu kapan pupuk akan digunakan.
    • Penyuluh pendamping membantu meneliti kelengkapan dan kebenaran data RDKK.
    • Setelah semuanya sesuai, RDKK kemudian diperiksa dan ditandatangani oleh ketua kelompok tani dan diketahui oleh penyuluh pendamping.
  2. Tahap perbanyakan dan pengiriman RDKK
    • RDKK yang sudah selesai dimusyawarahkan diperbanyak 5 rangkap.
    • RDKK asli dan salinan yang sudah ditandatangani kemudian diserahkan pada penyalur/pengecer resmi pupuk, kepala desa/lurah, penyuluh, ketua Gapoktan, dan ketua kelompok tani.
    • RDKK bisa digunakan sebagai alat pemesanan pupuk bersubsidi di penyalur/pengecer resmi. Selain itu, RDKK juga digunakan sebagai alat pencairan kredit pada koperasi untuk menyalurkan sarana produksi serta pendanaan.

Setelah RDKK diserahkan kepada pemerintah, maka selanjutnya dilakukan rekapitulasi RDKK dan penyusunan kebutuhan pupuk. Tahap ini bisa dibilang cukup panjang, karena rekapitulasi dilakukan mulai dari tingkat desa hingga di tingkat nasional. Wah, panjang juga ya prosesnya!

RDK dan RDKK, Bedakah?

Sebelum RDKK disusun, para kelompok tani sudah harus mengantongi RDK terlebih dahulu. Rencana Definitif Kelompok (RDK) merupakan rencana kerja usaha tani yang disusun oleh kelompok tani untuk periode tanam selama satu tahun. Dalam RDK juga harus dituliskan kebutuhan para petani mulai dari benih, pupuk, alat dan mesin pertanian, dan tak lupa modal untuk produksi tanaman. 

Selain kebutuhan petani, dalam RDK juga berisi kegiatan kelompok tani yang memuat sasaran areal dan produktivitas petani, rencana kebutuhan saprodi, modal usaha tani, jadwal kegiatan, serta pelaksana dan penanggung jawab kegiatan. Lalu, apa perbedaan RDK dan RDKK?

  • RDK sebagai perwujudan hasil musyawarah anggota kelompok tani, sedangkan RDKK disusun oleh pengurus dan anggota kelompok tani yang didampingi oleh penyuluh pertanian.
  • Isi RDK lebih mendalam dibandingkan RDKK karena memuat potensi lahan pertanian dan petani sebagai pelaku utama budidaya tanaman.

Dari semua proses produksi tanaman pangan, pemerintah langsung menerjunkan penyuluh pertanian pada setiap kelompok tani sebagai pendamping. Peran penyuluh pertanian tidak hanya penyusunan RDKK saja, lho. Ternyata Dibalik Majunya Pertanian Indonesia Terdapat Peran Penyuluh Pertanian mulai dari pengenalan teknologi pertanian, konsultan pertanian, pendamping petani, dan masih banyak lagi peran penyuluh pertanian. Sekarang sudah tahu kan, petani tidak hanya fokus menanam tanaman pangan saja? Banyak sekali kegiatan yang dilakukan petani untuk pengembangan diri dan kemampuannya. Yuk, ikuti kegiatan petani lebih dekat dari artikel di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin