Diterbitkan 8 Nov 2023

Rekomendasi Bibit Jagung Terbaik untuk Hasil Maksimal

Agri Edu
Bibit jagung terbaik

Berharap mendapatkan hasil kebun yang maksimal memang tidak ada salahnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemilihan benih atau bibit merupakan langkah awal yang harus dilakukan secara tepat. Seperti halnya dalam budidaya jagung, kamu harus memilih benih atau bibit jagung terbaik agar bisa menghasilkan panen yang melimpah. 

Ada banyak perusahaan yang menjual benih atau bibit jagung di Indonesia. Kamu bisa leluasa memilihnya sesuai kebutuhan dan modal yang ada. Tak perlu khawatir salah pilih, karena kali ini Gokomodo akan menyajikan beberapa rekomendasi benih atau bibit jagung terbaik yang bisa kamu jadikan gambaran sebelum membeli.

Rekomendasi Benih atau Bibit Jagung Terbaik  

Ada 5 rekomendasi benih atau bibit jagung terbaik di bawah ini yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Simak dengan baik, ya!

1. Bonanza F1 – Cap Panah Merah 

Produk East West Seed Indonesia ini menjadi salah satu rekomendasi benih atau bibit jagung terbaik karena memiliki tongkol yang lebih panjang dari jenis jagung manis secara umum. Bahkan, benih atau bibit jagung ini juga berpotensi menghasilkan dua tongkol dalam satu tangkai tanaman. 

Benih atau bibit jagung Bonanza F1 akan menghasilkan tanaman yang berukuran tinggi. Tanaman yang dihasilkan juga akan memiliki kekuatan tumbuh atau skala vigour yang termasuk tinggi, yakni skala 8. Sayangnya, Bonanza F1 ini tidak direkomendasikan apabila akan ditanam di dataran tinggi. 

2. Benih Jagung Manis

Jika kamu ingin memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk menanam jagung, jangan ragu untuk memilih benih atau bibit jagung dari Infarm. Produk Benih Jagung Manis yang mereka miliki berisi sekitar 35 biji benih, sehingga sangat cocok untuk ditanam di rumah dengan lahan terbatas.

Sumber: IStock

Kemasan yang digunakan pada produk ini juga berupa aluminium yang dilengkapi dengan penyegel yang rapat. Dengan begitu, kualitas benih jagung akan senantiasa terjaga. Karena memanfaatkan lahan terbatas, kamu juga bisa menanam benih atau bibit jagung ini menggunakan pot ataupun polybag.

3. NK6172 Perkasa – Benih Jagung Hibrida

Berikutnya adalah produk dari Syngenta, yakni NK6172 Perkasa – Benih Jagung Hibrida. Produk ini hadir dengan kemasan 5 kg yang ditujukan untuk kamu yang menggarap sawah di musim kering kedua dengan tegalan di bawah 500 mdpl. 

Benih ini akan menghasilkan bibit jagung yang tahan dan kuat terhadap bulai dan mampu tumbuh dengan baik di lahan kurang air. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan masa kekeringan dan akan tetap menghasilkan panen yang melimpah.

4. Benih Unggul Jawara – Jagung Manis Bimmo

Benih atau bibit jagung terbaik berikutnya hadir dari Enno & Co Seed, yakni Benih Unggul Jawara – Jagung Manis Bimmo. Kamu hanya membutuhkan masa tanam sekitar 55 hari untuk bisa menikmati hasil panen tanaman satu ini.

Menariknya lagi, bibit jagung ini juga akan menghasilkan klobot yang menutup rapat dan tidak masalah jika ditanam di lahan kurang air. Selain itu, jagung manis juga memiliki pangsa pasar yang sangat luas di Indonesia, sehingga kamu bisa langsung memasarkannya. 

5. Benih Jagung Hibrida BISI-2 – Cap Kapal Terbang

Produk dari BISI Internasional ini juga menjadi benih atau bibit jagung terbaik karena dapat menghasilkan dua tongkol jagung dalam satu tangkai tanaman. Dengan hasil yang banyak, maka keuntunganmu pun akan semakin meningkat.

Benih Jagung Hibrida BISI-2 juga menghasilkan tanaman yang tahan bulai dan tahan rebah. Selain itu, tanaman jagung yang tumbuh juga akan beradaptasi dengan baik di lahan kering ataupun lahan tadah hujan. Sayangnya, usia panennya cukup lama, yakni lebih dari 100 hari setelah tanam.

Itu dia 5 rekomendasi benih atau bibit jagung terbaik yang bisa kamu pilih. Baca juga Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Benih Jagung untuk menambah wawasanmu. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin