Diterbitkan 16 Oct 2023

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Benih Jagung

Agri Edu
benih jagung

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata jagung? Pasti terbayang-bayang makanan olahan jagung seperti berondong jagung, jagung bakar, nasi jagung, dan masih banyak lagi makanan yang terbuat dari jagung. Banyaknya variasi olahan jagung dikarenakan jagung menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia setelah nasi.

Di dalam jagung terdapat 5 Kandungan Nutrisi Jagung yang Baik untuk Kesehatan. Karena membawa banyak manfaat dan banyak dikonsumsi membuat produksi jagung diperkirakan meningkat mulai tahun 2022-2024 menjadi 24,34 juta ton, 24,67 juta ton, dan 24,98 juta ton. Banyaknya hasil panen jagung tidak terlepas dari peranakan benih jagung yang berkualitas. 

Sekilas Tentang Benih Jagung

Sumber: Pexels

Tanaman jagung (Zea mays ssp.) merupakan tanaman yang berasal dari Benua Amerika kemudian tersebar hingga di Indonesia. Adanya benih jagung ini tidak luput dari pebisnis asal Eropa yang hendak pergi ke Amerika dengan membawa benih jagung. Pada abad ke-16, jagung tiba di nusantara karena dibawa oleh Bangsa Portugis. Di Indonesia terdapat 7 jenis jagung yang dapat ditemui, antara lain Jagung Tepung, Mutiara, Jagung Gigi Kuda, Jagung Manis, Jagung Berondong, Jagung Ketan, dan Jagung Polong. Dari biji jagung ini kemudian digunakan untuk memperbanyak jumlah tanaman jagung lainnya

Produksi benih tentunya tidak memakan waktu yang sedikit. Setelah ditelusuri, setidaknya ada 8 tahap produksi benih yang meliputi penyiapan lahan, penanaman, pemupukan, pemeliharaan, roguing, detasseling, panen, dan pasca panen. Artikel ini akan mengupas hal-hal berkaitan dengan benih.

Jenis Benih Jagung di Indonesia

Dari banyaknya benih jagung yang tersedia, di Indonesia terdapat tiga jenis benih yang sering ditanam, antara lain:

a. Benih lokal

Benih ini merupakan benih yang diproduksi petani yang diperoleh dari hasil penanaman jagung untuk konsumsi. Jenis benih lokal hanya mampu menghasilkan tanaman sebanyak 1,5 – 2 ton/hektar. Produksi lokal dibuat karena petani belum bisa menjangkau jagung yang bermutu.

b. Benih komposit

Benih komposit termasuk pada jenis benih unggul karena bersari bebas. Komposit dinilai lebih produktif dibandingkan dengan benih lokal. Hasil panen jagung dari jenis ini mencapai 7-8 ton/hektar. Selain itu, benih dapat digunakan kembali sebanyak 3-4 kali. Meskipun terlihat lebih baik, benih ini memiliki kekurangan yaitu kurang responsif dengan pemberian pupuk dan pertumbuhan tanaman tidak seragam

c. Benih hibrida

Terdapat dua jenis benih hibrida yang beredar di pasaran seperti hibrida silang tunggal dan hibrida 3 jalur. Hibrida silang tunggal didapatkan dari dua varietas jagung, sedangkan benih hibrida 3 jalur merupakan hasil persilangan 2 varietas dengan varietas lain yang unggul.

Cara Memilih Benih Jagung Berkualitas

Sumber: All That Grows

Benih yang berkualitas diharapkan mampu meningkatkan produktivitas jagung. Secara umum, terdapat tiga kriteria mutu benih, yaitu:

  1. Identitas genetik dilihat dari pemulia dan tingkatkemurnian dari varietas.
  2. Mutu fisiologi ditentukan oleh daya perkecambahan dan daya simpan.
  3. Mutu fisik benih ditentukan dari tingkat kebersihan, keseragaman biji, kontaminasi benih lain atau benih gula, dan kadar air.

Dari kriteria tersebut, bisa menjadi patokan memilih benih berkualitas yang dapat dilihat dari:

  1. Memiliki kesamaan bentuk, ukuran, dan warna agar pertumbuhan jagung seragam pada satu lahan.
  2. Permukaan benih sebaiknya bersih dan mengkilat

Masih ditemui beberapa benih yang tidak bersih dan tidak mengkilat, alias benih  tersebut keriput dan tercampur dengan tanah, kotoran, dan lainnya. Benih keriput menandakan benih didapatkan dari buah jagung yang belum cukup umur.

  1. Memastikan bahwa benih memilki lembaga dan cadangan makanan yang cukup. Pilih lembaga yang berukuran besar dan masih utuh. Ini pertanda benih memiliki kesempatan tumbuh lebih besar.
  2. Yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih benih yang sehat serta sudah memiliki setifikat dan label resmi. Mengetahui kondisi kesehatan benih dapat dilihat dari tanaman iindukannya.

Ternyata benih jagung berkualitas menghasilkan jagung yang berkualitas pula. Dengan memanfaatkan bioteknologi, terdapat jenis benih jagung terbaru yaitu varietas NK Pendekar Sakti, NK Sumo Sakti, dan NK Perkasa Sakti.

Benih jagung unggul hasil bioteknologi ini diyakini memiliki keunggulan ganda, antara lain toleran terhadap penggunaan herbisida glifosfat dan mampu bertahan dari serangan hama penggerek batang. Pastikan untuk membeli benih berkualitas hanya di Mitra Gokomodo serta jangan lewatkan artikel tentang benih berkualitas yang dapat di akses di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin