Diterbitkan 12 Apr 2024

Sebagai Bahan Aromatik, Ada Berbagai Khasiat Bawang Merah untuk Tubuh, Lho!

Lifestyle
khasiat bawang merah

Masakan nusantara rasanya tak sedap jika tidak ditambahkan dengan bawang merah. Bawang merah sebagai bumbu aromatik memiliki bau dan rasa yang khas. Apakah bawang merah hanya berguna sebatas bumbu aromatik saja? Simak kandungan dan khasiat pada bawang merah! 

Ternyata dalam 100 gram bawang merah mengandung:

  • Kalori : 72 kalori
  • Lemak : 0,1 gram
  • Garam : 12 mg
  • Karbohidrat : 17 gram
  • Protein : 2.5 gram
  • Vitamin C : 13%
  • Zat besi : 6%
  • Vitamin B6 : 15%
  • Magnesium : 5%
  • Kalsium : 3%

Setelah mengetahui kandungan gizinya, bawang merah tidak hanya sekadar bumbu aromatik belaka. Lalu, apa saja khasiat yang diperoleh dengan rutin mengonsumsi bawang merah?

Melindungi Tubuh dari Penyakit Jantung

Di dalam bawang merah terkandung senyawa kuat alil sulfida yang berperan dalam mencegah penyakit jantung. Ditambah lagi kandungan vitamin C dalam bawang merah turut menyumbang antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi kandungan flavonoid quercetin yang terdapat dalam bawang merah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada tubuh. 

Mencegah Kanker

Selain bermanfaat untuk jantung, alil sulfida juga berperan untuk melindungi tubuh dari kanker yang mematikan. Cara kerja bawang merah sebagai anti kanker yaitu mencegah berpindahnya sel kanker dan menginduksi apoptosis. 

Menyembuhkan Alergi Musiman

Pasti menyebalkan jika alergi musiman menyerang disaat yang tidak tepat? Tenang saja, kamu bisa mencegahnya dengan memberikan bawang merah pada area yang terkena alergi. Bawang merah mengandung quercetin yang membantu meredakan dan mengobati alergi pada tubuh. Quercetin bekerja dengan cara melepaskan histamin sebagai obat peradangan. Gejala alergi seperti bersin, mata berair, dan pilek juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bawang merah. 

Membuat Rambut Lebih Subur

Sumber: Araah Skin Miracle

Kadar belerang yang tinggi pada bawang merah mampu membantu menyuburkan rambut. Cocok banget nih digunakan bagi kamu yang berambut tipis! Cara kerja belerang untuk menyuburkan rambut yaitu dengan meningkatkan sirkulasi darah pada folikel dan bagian kulit kepala. Agar ingin rambut makin subur, kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai masker rambut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah dan mengoleskannya pada kulit kepala. Jika dirasa terlalu ribet, kamu bisa memakan bawang merah sebagai campuran pada makanan utama. 

Menyehatkan Kulit

Bawang merah bisa menyehatkan kulit? Jangan salah, lho. Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang merah membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Selain itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur juga membantu mengencangkan kulit serta memperbaiki warna kulit. Manfaat lain mengonsumsi bawang merah untuk kesehatan kulit antara lain:

  • Mengobati jerawat dengan antimikroba dan anti radang. Selain itu, bawang merah mengandung senyawa sulfur organik yang bersifat mampu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkannya.
  • Penuaan dini bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Kok bisa? Pencegahan penuaan dini dibantu dengan vitamin C, vitamin E, dan fitokimia lainnya yang terkandung pada bawang merah. Tak lupa juga peran besar antioksidan yang menghambat penuaan pada sel kulit manusia. 

Setelah tahu manfaatnya, masih ragu konsumsi bawang merah setiap hari? Tak perlu khawatir dompet jebol karena kerap beli bawang merah, Coba Menanam Bawang Merah di Rumah, Yuk! Berikut Langkah-Langkahnya. Meskipun baik untuk kesehatan, baiknya konsumsi bawang merah dibatasi per harinya, ya. Bau bawang merah yang menyengat juga berdampak pada bau badan nantinya. Untuk meminimalisir bau badan, kamu bisa rutin mengonsuksi sayuran dan buah-buahan dengan rasa masam. Temukan tips seputar budidaya tanaman beserta manfaatnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin