Diterbitkan 7 Mar 2024

Sebentar Lagi, Ketahui Buah Rekomendasi untuk Perayaan Nyepi 2024

Agri Edu
Buah Perayaaan Nyepi

Dalam tradisi Umat Hindu di Indonesia, ada beberapa perayaan hari raya suci, antara lain Nyepi, Galungan, dan Kuningan. Ketiga hari raya ini memiliki makna yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kali ini, Gokomodo akan membahas mengenai Hari Raya Nyepi dan beberapa buah-buahan yang sering disajikan saat perayaan berlangsung.

Hari Raya Nyepi 

Hari Raya Nyepi merupakan sebuah momen kesadaran batin dalam menyambut Tahun Baru Saka dengan lebih baik dan harmonis. Oleh karena itu, selama perayaan Nyepi, seluruh aktivitas yang berkaitan dengan duniawi harus dihentikan total agar dapat mengevaluasi batin.

Selain itu, Hari Raya Nyepi juga dianggap sebagai kesempatan yang baik untuk menyucikan diri manusia dan alam. Momen mencari keseimbangan jiwa yang sejati juga dapat dilakukan saat perayaan Nyepi berlangsung.

Perayaan Hari Raya Nyepi selalu didasarkan pada penanggalan Tahun Baru Saka. Dalam SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024 ini, Hari Raya Nyepi 2024 jatuh pada tanggal 11 Maret dan setelahnya diikuti dengan cuti bersama pada tanggal 12 Maret. Berikut buah rekomendasi untuk merayakan Nyepi:

Sumber: iStock

Merayakan Nyepi dengan menikmati buah-buahan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Sebab, buah-buahan dipercaya sebagai lambang kesuburan dan keberkahan. 

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki filosofi mendalam bagi umat Hindu di Bali. Berdasarkan kepercayaan masyarakat terdahulu, nama pisang berasal dari dua suku kata, yakni pi dan sang, yang mana kata “sang” memiliki arti dihormati.

Filosofi lain yang juga terkenal adalah pohon pisang tidak akan mati sebelum berbuah. Hal ini dibuktikan dengan pohon yang akan terus tumbuh kembali meskipun sudah ditebang jika pohon tersebut memang belum berbuah. Hal ini membuat masyarakat Bali percaya jika pisang adalah anugerah. 

Pohon pisang juga dianggap sebagai pohon keramat yang merupakan perwujudan dari Dewi Kali. Selain itu, kehadiran pisang dalam perayaan hari raya juga menjadi wujud persembahan kekayaan alam kepada bumi sebelum pohon tersebut mati. 

2. Kelapa

Buah berikutnya adalah kelapa, yang dikenal memiliki filosofi sebagai simbol kehidupan yang makmur dan sejahtera. Hal ini karena hampir seluruh bagian yang ada pada pohon kelapa dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama bagian buahnya. Selain itu, dari sisi kesehatan, buah kelapa juga memiliki kandungan Mangan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Jeruk

Buah jeruk banyak ditemui di berbagai acara keagamaan umat Hindu. Hal ini karena jeruk termasuk buah-buahan segar yang berair, yang seringkali diartikan sebagai lambang kesejukan dalam menjalani kehidupan.

Umumnya, jenis jeruk yang digunakan adalah jeruk lumajang, keprok, dan kintamani. Selain digunakan dalam sesajen, jeruk juga biasanya diletakkan di Gebogan, terutama jika memiliki ukuran yang besar.

4. Apel

Terakhir ada buah apel yang hampir selalu ada di perayaan keagamaan umat Hindu di Bali. Buah ini banyak digunakan karena diyakini merupakan buah yang bisa memberikan keselamatan dari tahun ke tahun – 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Beserta Kandungannya.

Itu dia sekilas informasi mengenai Hari Raya Nyepi 2024 dan daftar buah-buahan yang biasanya dikonsumsi selama perayaan berlangsung. Segera persiapkan buah-buahan di rumah agar kamu dapat merayakan Nyepi dengan lebih khidmat dan sempurna.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin